16 March 2015

by Bambang Winarso

Setelah Android, Fitur Panggilan Suara WhatsApp Dikabarkan Muncul di Perangkat iOS

Kabar soal hadirnya fitur panggilan suara di WhatsApp sudah berhembus sejak bulan lalu. Menurut laporan sebelumnya, beberapa pengguna perangkat BlackBerry dan Android sudah dapat mencicipi fitur tersebut. Sehingga praktis hanya Windows Phone dan iOS yang belum disinggung.

Tapi baru-baru ini muncul screenshot yang menunjukkan adanya fitur panggilan suara di versi beta WhatsApp untuk iOS. Mengindikasikan bahwa pengguna iOS pun akan segera memperoleh fitur panggilan suara, menyusul Android dan BlackBerry. Fitur ini baru tersedia untuk versi beta, yang artinya belum dapat dipergunakan oleh publik.

Dari gambar yang sama tampak adanya menu "Recent" yang menampilkan riwayat panggilan meliputi panggilan masuk, panggilan keluar dan panggilan tak terjawab.

Info Menarik:Asisten Virtual Microsoft, Cortana, Akan Layani Pengguna Perangkat Android dan iOS

Kemunculan WhatsApp versi beta untuk iOS ini memunculkan anggapan pribadi saya bahwa WhatsApp sepertinya sengaja melakukan ujicoba fitur dan memastikannya dapat bekerja di semua platform, setelah itu baru kemudian merilisnya ke publik secara bersamaan.

Sementara itu bagi sobat pengguna Android yang sudah mengunduh versi terbaru WhatsApp dan ingin merasakan fitur panggilan suara, tetapi tidak menemukan fitur yang dimaksud. Dapat melakukan trik ini.

Selain mengupdate aplikasi ke versi terbaru, yang harus Anda lakukan adalah menemukan seseorang yang sudah memiliki fitur panggilan suara dan meminta bantuannya untuk menelpon Anda melalui WhatsApp. Setelah panggilan dilakukan, tutup aplikasi dan buka kembali. Maka akan ada menu tab baru berlabel Calls.

Setelah fitur panggilan suara WhatsApp muncul, Anda dapat kemudian melakukan panggilan melalui aplikasi atau membantu pengguna lain untuk memperoleh fitur yang sama. Tetapi perlu dicatat bahwa cara ini tidak selalu berhasil diterapkan. Jika Anda termasuk yang kurang beruntung, Anda terpaksa harus menunggu hingga WhatsApp secara resmi menggulirkan fitur tersebut.

Sumber berita Ubergizmo, Thenextweb dan gambar header Gil C/Shutterstock.