30 November 2013

by Bambang Winarso

Setelah Galaxy Grand 2, Samsung Siap Rilis Galaxy Grand Lite?

Memegang predikat sebagai vendor paling laris di dunia, tak membuat Samsung berpuas diri atau berhenti berinovasi dan melahirkan produk-produk terbaru.

Setelah beberapa hari yang lalu resmi mengumumkan kehadiran Galaxy Grand 2 sebagai sang suksesor Galaxy Grand dan Galaxy Grand Duos yang sukses di pasar global, Samsung kembali dirumorkan siap mengumumkan lagi sebuah smartphone yang menjadi lini Galaxy Grand terbaru bernama Galaxy Grand Lite. Rumor ini bahkan hampir dapat dipastikan akan jadi kenyataan setelah SamMobile mengkonfirmasi kebenarannya ke sebuah sumber orang dalam Samsung.

Menurut informasi yang diperoleh SamMobile, perangkat terbaru dari keluarga Galaxy Grand ini akan diumumkan secara resmi oleh Samsung pada perhelatan MWC Januari 2014 mendatang. Masih dari sumber yang sama, TRL dapat uraikan sejumlah spesifikasi yang akan dibawa oleh Galaxy Grand Lite, misalnya layar WVGA berukuran 5 inci, kemudian prosesor quad core 1.2GHz yang ditopang RAM sebesar 1GB dan 8GB memori internalplusslot microSD.

Spek lain seperti kamera, sistem operasi, baterai dan warna masih berupa rabaan yang bisa saja berubah saat peluncuran perangkat yang sebenarnya. Sejauh ini, dikutip dari SamMobile, Galaxy Grand Lite mungkin akan berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, kamera 5MP dan juga masih mendukung fitur dual SIM seperti pendahulunya serta baterai 2,100mAh.

Masih menjadi tanda tanya mengapa Samsung berencana meluncurkan Galaxy Grand Lite, sejumlah opini menyebutkan bahwa Samsung berusaha meneruskan tradisi mereka untuk menawarkan perangkat dalam berbagai varian termasuk perangkat yang menyasar pasar menengah ke bawah yang menginginkan smartphone friendly di kantong konsumen.

Jika Galaxy Grand Lite benar-benar sedang dipersiapkan oleh Samsung, perangkat ini bisa jadi kado istimewa di awal tahun 2014, sebab jika dinilai dari namanya perangkat ini besar kemungkinan dibanderol lebih rendah dibandingkan 3 pendahulunya. Yang masih jadi misteri adalah, berapakah harga Galaxy Grand Lite, punya prediksi?

Sumber berita SamMobile dan gambar header Samsung via Shutterstock.