Categories

Gadget

Shapir 50X, Smartphone Tangguh Baru dari Archos

Perangkat punya spesifikasi yang mirip dengan Archos 50 Shapir, tapi dengan baterai yang lebih rendah

Bambang Winarso - 6 April 2018

Tahun lalu Archos meluncurkan 50 Saphir, smartphone tangguh yang tahan segala macam cuaca dan kondisi ekstrim. Idealnya, tahun ini mereka meluncurkan model yang baik, lebih tangguh dan lebih bertenaga ditandai dengan peningkatan spesifikasi dan kemampuan. Tapi ekspektasi itu tak terwujud, karena Archos justru meluncurkan Archos Shapir 50X yang punya spesifikasi sama tapi dengan pasokan daya lebih rendah.

Di atas kertas, spesifikasi Archos 50X dan 50 Saphir tak ada yang berbeda. Archos Shapir 50X mempunyai layar 5 inci dengan spesifikasi yang garang, tahan air, tahan debu, tahan benturan, tahan terpaan cuaca ekstrim dan juga dibalut bumper untuk mengakomodasi kekuatan itu. Layarnya dilapisi Gorilla Glass 4 untuk menahan goresan dan benturan, kemudian komponen kameranya menggunakan sensor 13MP di belakang dan 5MP di depan.

Mediatek MT6737 menjadi pilihan Archos untuk jadi otak utama Shapir 50X. Ini adalah chipset yang menawarkan prosesor empat inti dengan dukungan RAM hanya 2GB dan ruang simpan 16GB. Konfigurasi yang cukup “sederhana” untuk perangkat tangguh yang sebenarnya membutuhkan lebih banyak ruang untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang sering berada di luar jangkauan komputer.

Dan seperti yang sudah disinggung di awal, Archos Shapir 50X justru menawarkan baterai sebesar 4.000mAh yang lebih rendah dari Archos 50 Shapir yang mempunyai batera 5.000mAh. Meski pemangkasan daya ini berdampak positif bagi bobot perangkat, namun 210 gram bukanlah bobot yang ideal dan tak semestinya perangkat outdoor ringan dibawa. Pengguna di relung ini mengincar ketangguhannya, bukan kenyamanan. Dan bagi mereka, selisih 100 gram pun tak memberikan perbedaan besar.

Dipoles Android Marshmallow, Archos Shapir 50X ditawarkan dengan banderol €179.99 dan akan mulai dijual dalam skema pre-order dalam beberapa hari ke depan di pasar dalam negeri Perancis terlebih dahulu.

Sumber berita GSMArena dan Archos.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter