1. Lifestyle

Shinji Mikami: Xbox One dan PlayStation 4 Tidak Terlalu Berbeda

Saat ini sang 'kakek' game horor Shinji Mikami - pencipta seri Resident Evil - sedang sibuk memimpin tim Tango Gameworks menggarap permainan terbaru di bawah payung Bethesda: The Evil Within. Berbicara secara eksklusif pada majalah Edge, Shinji Mikami menyatakan opininya terhadap dua console next-gen yang akan segera dirilis kurang dari sebulan lagi.

Shinji menegaskan, "Tidak ada perbedaan signifikan di antara mereka. Kita hanya membutuhkan satu console. Mengapa saya harus membuat dua versi yang berbeda? Saat Xbox One pertama kali diumumkan, spesifikasi sistemnya lebih rendah, tapi kemudian kini mereka hampir sama." Pada saat-saat terakhir sebelum peluncurannya, Microsoft memang sempat meng-upgrade prosesor Jaguar AMD Xbox One dengan varian yang lebih cepat.

Tentu saja yang ia maksudkan juga bukan hanya berarti dilihat spesifikasi, namun juga pengembangan game itu sendiri. Kita tahu arsitektur berbeda antara Xbox 360 dan PlayStation 3 sendiri memaksa developer untuk membuat 'versi' yang berbeda. Saat console current-gen buatan Microsoft cukup 'bersaudara' dengan PC, arsitektur PlayStation 3 dibuat eksklusif secara berbeda - melakukan porting dari PC ke Xbox 360 atau sebaliknya lebih mudah dibanding PC ke PlayStation 3. Namun karena Xbox One dan PlayStation 4 kini sejajar dengan PC arsitektur, developer akan lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan proses porting.

Dan itu juga berarti lebih mamacu developer untuk menyiapkan beberapa versi game mereka dari awal pembuatan. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan kita akan melihat beberapa title 'eksklusif' melakukan hijrah platform - seperti yang pernah dilakukan Square Enix pada seri Final Fantasy mereka.

Hal baik yang bisa kita ambil dari berita ini adalah apapun platform yang akan Anda pilih nanti, Anda akan menikmati banyak game-game mengasyikkan tanpa banyak perbedaan berarti dari sisi teknis dan pelayanan.

Untuk permainan baru buatan Shinji Mikami ini sendiri, The Evil Within, rencananya ia akan diluncurkan dalam waktu dekat di tahun 2014. Kita mungkin tidak bisa menghentikan orang-orang untuk membuat video perbandingan 'grafis' saat game ini dirilis, namun itu tidak masalah karena Mikami berjanji akan menggarapnya seoptimal mungkin untuk seluruh platform - bahkan versi PS3 dan Xbox 360-nya.

Sumber berita: TheSixthAxis. Gambar header: Gameskinny.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again