1. Startup

Shopback Luncurkan Aplikasi Mobile Khusus di Indonesia

Mengklaim telah memberikan cahsback sebanyak 7 miliar Rupiah untuk konsumen di Indonesia

Kehadiran Shopback yang mengklaim sebagai salah satu pelopor mekanisme belanja online baru di Asia Tenggara semakin menunjukkan eksistensi dan inovasi terkini. Diluncurkan pertama kali di Singapura tahun 2014 dan memasuki Indonesia di pertengahan 2015 silam, Shopback saat ini telah tersebar di 6 negara di Asia dan memiliki lebih dari 600 toko online.

Hari ini Secara resmi Shopback meluncurkan aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS. Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan keistimewaan untuk menikmati aplikasi mobile Shopback.

"Indonesia sengaja dipilih menjadi negara pertama untuk peluncuran aplikasi, karena selama ini terbukti Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak di Asia Tenggara, aplikasi ini sengaja kami hadirkan dan sudah bisa diunduh besok di seluruh Indonesia," kata Country Manager dan Co-founder Shopback Indonesia Indra Yonathan saat jumpa pers hari ini di Jakarta.

Didukung oleh Accel-X dan East Ventures sebagai investor, Shopback di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signfikan baik dari jumlah pengguna, merchant hingga pendapatan. Shopback menghubungkan merchant dan konsumen dengan sistem reward yang saling menguntungkan, yaitu dengan berbagi potongan komisi yang dikumpulkan dari partner merchant dengan konsumen.

"Hingga hari ini kami telah berhasil memberikan cahsback kepada pengguna hingga 7 milyar, dan jumlah ini tentunya masih akan terus bertambah," kata Yonathan.

Desktop masih menjadi pilihan favorit

Meskipun saat ini aplikasi sudah diluncurkan khusus untuk Indonesia, Shopback masih mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup banyak melalui desktop. Hingga pertengahan bulan Mei 2016, situs Shopback telah dikunjungi oleh 1,6 juta pengguna aktif.

"Kami memiliki fitur menarik seperti Cashback Buddy berupa tombol yang bisa diunduh di Google Chrome, dengan fitur ini ketika mengakses Cashback melalui desktop dan login dengan akun Cashback akan muncul notifikasi Cashback aktif di desktop, sehingga memudahkan pengguna untuk melihat produk yang memiliki cashback," kata Yonathan.

Saat ini Cashback telah bermitra dengan e-commerce dan marketplace terkemuka di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Berrybenka, Zalora, Lazada, MatahariMall. Namun demikian, untuk menambah lebih banyak merchant dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM), Shopback senantiasa memberikan peluang untuk menjangkau lebih banyak kalangan UKM untuk bergabung dengan komunitas Shopback.

"Secara keseluruhan Shopback telah bermitra dengan 80 [layanan] e-commerce di Indonesia, namun kami juga ingin menambah lebih banyak pilihan kepada pengguna dengan menghadirkan merchant dari kalangan UKM," kata Yonathan.

Dengan mengusung konsep all-inclusive, Shopback berbeda dengan situs jual beli online atau potongan harga kartu kredit lainnya yang pada umumnya memiliki keterbatasan waktu dan jenis pembelian. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Shopback adalah cashback yang dikumpulkan bisa ditarik ke rekening pengguna.

"Kami memastikan proses klaim akan sangat 'seamless' yaitu dengan mengirimkan notifikasi di email pengguna tentang history cashback yang didapatkan, nantinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku semua uang tersebut langsung bisa di miliki," kata Yonathan.

Nilai cashback yang diberikan tentunya bervariasi, untuk setiap kategori yang terdapat di situs Shopback, pengguna bisa mendapatkan nilai cashback hingga 30 persen.

"Shopback Indonesia akan terus fokus untuk meningkatkan kelengkapan produk, memperluas jangkauan, menggandeng lebih banyak [layanan] e-commerce besar guna menyediakan kebutuhan masyarakat Indonesia," tuntas Yonathan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again