1. Startup

Shopee Ramaikan Mobile Marketplace Indonesia

Buatan startup Singapura Garena, memiliki fitur chatting untuk komunikasi secara langsung antara pembeli dan penjual

Pergeseran perilaku online yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia saat ini, yakni dari desktop menjadi mobile telah membuka peluang baru. Shopee adalah satu dari banyak pihak yang memanfaatkan peluang tersebut dengan meramaikan segmen mobile marketplace melalui aplikasi mobile mereka untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Saat ini aplikasi Shopee telah tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS.

Pada dasarnya, Shopee menyediakan platform online marketplace yang menjembatani penjual dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli online melalui perangkat ponsel mereka. Shopee sendiri sepertinya merupakan perpanjangan tangan dari Garena untuk merambah ke segmen e-commerce.

Sejatinya, Shopee tidak hanya hadir di pasar Indonesia saja, tetapi telah hadir di Malaysia, Singapura, dan juga Vietnam. Merujuk pada halaman Facebook mereka, Shopee masuk ke pasar Indonesia pada bulan Mei 2015 lalu.

Pengalaman penggunaan aplikasi

Ketika mencoba aplikasi Shopee untuk pertama kali, kesan yang saya dapat dari aplikasi ini adalah simple dan seamless. Antar muka dari Shopee terbilang sederhana, namun tetap menarik dan mudah untuk dipahami. Saya rasa tak akan butuh waktu lama bagi pengguna baru untuk paham bagaimana cara menggunakannya.

Di halaman awal Anda akan disambut dengan 20 kategori yang tersedia di Shopee, yaitu Pakaian Wanita, Pakaian Pria, Sepatu Wanita, Sepatu Pria, Tas, Fashion Muslim, Aksesoris Fashion, Kecantikan & Kesehatan, Jam Tangan, Gadget, Perlengkapan Olahraga, Hobi & Mainan, Perlengkapan Bayi & Anak, Perlengkapan Rumah, Elektronik, Komputer & Aksesoris, K-Pop, Fotografi, Otomotif, dan Serba Serbi yang di dalamnya terdapat camilan dan dekorasi rumah.

Untuk mendaftar sebagai pengguna, terdapat pilihan melalui email, nomor telepon, dan menautkan dengan akun Facebook. Anda dapat mengakses halaman registrasi atau log in ini di menu bar "Saya" yang terdapat di menu utama aplikasi. Setelah terdaftar, pengguna akan memiliki halaman sendiri untuk mengelola akunya, mulai dari barang yang dibeli, barang yang dijual oleh pengguna, hingga Asisten Penjual yang dapat menjadi alat bantu dalam menelusuri barang jualan dan daftar pelanggan.

Untuk menambah produk yang ingin dijual pun terbilang mudah, Anda hanya perlu mengambil foto, mendeskripsikan produk, dan menetapkan harganya. Tersedia juga layanan chating yang dapat menjembatani komunikasi antara pembeli dan penjual secara langsung melalui aplikasi. Selain itu, barang yang dijual pun masih dapat dibagikan ke berbagai media sosial lain, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp, Buzz,  hingga Beetalk.

Untuk sisi keamanan transaksi, Shopee menjaminnya dengan sistem garansi Shopee untuk penyelesaian masalah yang dapat dibaca lebih lanjut melalui halaman FAQ mereka. Saat ini sistem pembayaran yang didukung yaitu baru melalui transfer bank (yang dijamin dengan sistem garansi Shopee, sangat mirip dengan sistem rekening bersama) dan penjual-pembeli yang mengatur sendiri. Sedangkan untuk produk yang dijual, menurut peraturan komunitas mereka, Shopee tidak menerima penjualan produk dalam bentuk jasa.

Masukan untuk pengembang

 

Ada beberapa poin yang menjadi perhatian saya. Pertama untuk kategori produk. Saya merasa sistem kategori produk masih belum terlalu baik dan rapi di sini. Ada kategori produk Pakaian Wanita, Pakaian Pria, lalu ada lagi Fashion Muslim, namun untuk kategori Fashion Muslim tak ada pembagian lagi untuk Pria dan Wanita.

Yang paling membuat saya tidak nyaman adalah kategori gadget. Ketika masuk ke kategori ini, jangan harap Anda dapat langsung menemukan limpahan daftar gadget yang dijual, di sini justru kebanyakan aksesorisnya. Padahal jelas-jelas kategorinya hanya "Gadget", bukan "Gadget & Aksesoris".

Kedua, deskripsi wilayah. Ketika saya mencoba mendaftarkan alamat saya yang berada di Bogor, saya sangat heran dengan tidak masuknya kecamatan tempat saya tinggal, Tanah Sareal, padahal di layanan serupa kecamatan saya selalu ada di daftar mereka.

Terlepas dari itu semua, aplikasi Shopee memberikan pengalaman yang baik ketika saya gunakan. Tak banyak bug yang mengganggu saat penggunaannya. Semoga saja aplikasi ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi ke depannya oleh pihak pengembang dan membuka potensi lebih luas lagi di dunia e-commerce Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again