Categories

Interview

Shopify Menyediakan Berbagai Layanan Eksklusif Untuk Indonesia dan Akan Meluncurkan Aplikasi Android

Hesti Pratiwi - 7 November 2013

Agustus lalu Shopify, layanan yang menyediakan platform toko online, resmi beroperasi di Indonesia. Untuk terus menggenjot jumlah penjual dari Indonesia, Shopify terus memberikan banyak fasilitas, layanan serta program-program yang menarik. Kami sempat berbicara dengan Brennan Loh, Head of Business Development Shopify pada kunjungannya ke Jakarta akhir minggu lalu. Ia mengatakan bahwa minat terhadap Shopify di Indonesia datang dari berbagai macam penjual dengan ragam yang berbeda-beda.

Sampai saat ini, pihak Shopify mengatakan telah membantu lebih dari 70.000 pengecer online dan menghasilkan lebih dari USD 200 juta, di seluruh dunia. Menurut Brennan, situs e-commerce yang paling banyak di seluruh dunia adalah yang  menjual pakaian, tetapi di Indonesia pengguna Shopify datang dari jenis yang beraneka ragam. Tak sekadar menjual pakaian, namun banyak juga yang menjual tas, kerajinan, aksesories dan bahkan bahan makanan. Fenomena ini hampir sama seperti yang dia lihat di Amerika Utara dan Eropa.

“Indonesia memiliki beberapa marketplace yang bagus seperti Tokopedia atau Tokobagus, tetapi mereka juga membutuhkan suatu tempat untuk menjual brand mereka sendiri, website mereka yang terintegrasi dengan sosial media seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Jadi dalam waktu singkat, banyak entrepreneur menggunakan Shopify sebagai media mereka berjualan.”

Brennan yakin ketika sebuah bisnis menjadi lebih besar, mereka akan membutuhkan sebuah alat yang lebih canggih, membuat sebuah toko online dengan domain pribadi dengan fitur yang lengkap. “Kita tidak berusaha menggantikan Facebook atau Twitter, namun melengkapi kebutuhan enterpreneur,’ lanjut Brennan.

Platform e-commerce Shopify menghadirkan desain kontemporer, template, mudah, kaya akan fitur dan keamanan, dengan harga mulai dari 182 ribu rupiah hingga 693 ribu rupiah per bulan.

Untuk para pengguna di Indonesia, Shopify berusaha memberikan berbagai layanan menarik. Salah satunya, saat ini khusus Indonesia, Shopify telah terintegrasi dengan penyedia payment gateway Doku. Pemilik usaha juga memiliki pilihan untuk menggabungkan tarif pajak dan pengiriman ke proses checkout untuk menambah kenyamanan .

Pada saat yang sama, kemitraan Shopify dengan jasa kurir First Logistic di Indonesia memungkinkan pemilik usaha untuk mengelola pesanan online mereka tanpa perlu mengembangkan perangkat lunak yang disesuaikan. “Shopify bekerja sama dengan First Logistic yang memudahkan pengiriman barang bagi merchant dari Jakarta sampai Bali.” Terintegrasinya layanan logistik dan online payment di Shopify juga diharapkan akan memudah UKM untuk memulai bisnisnya.

Aplikasi Shopify  juga memberikan keunggulan atas toko ritel online lainnya, yakni dengan menawarkan pemasaran, peningkatan SEO, penjualan, pelacakan tren, manajemen persediaan, integrasi di Facebook dan banyak lagi. Untuk pembeli, Shopify memberikan mereka fleksibilitas untuk menelusuri toko ritel dan melakukan pembelian dari smartphone mereka .

Shopify juga menawarkan kemudahan bagi merchant untuk dapat mengatur toko onlinenya melalui tablet dan smartphone. Ia pun mengatakan dalam waktu beberapa bulan ke depan akan mengeluarkan aplikasi Shopify versi Android. “Sangat menarik bagaimana pengusaha selalu mencari cara untuk menjual produknya termasuk melalui layanan pesan smartphone.”

“Generasi yang akan datang akan mengenal internet tidak seperti generasi terdahulunya yang melalui desktop. Mereka akan mengenal internet pertama kali melalui ponsel. Maka penting bagi kami membuat platform untuk PC, tablet, hingga smartphone. Jadi website yang terintegrasi sangat penting, tak hanya bagi merchant yang akan mampu mengelola tokonya di mana saja, namun pembeli tetap nyaman dengan tampilan yang laman produk yang disesuaikan dengan tampilan ponsel yang lebih kecil.”

Menurut  Brennan, terobosan terbaru yang akan dilakukan Shopify adalah bekerja sama dengan penyedia pembayaran di Indonesia seperti Doku untuk membuat segala proses transaksi yang terjadi di ponsel sangat mudah. “Jika ingin membayar, pelanggan hanya perlu memasukkan ID dan password saja.”

Menanggapi  kompetisi dengan layanan sejenis dari dalam negeri, Brennan mengatakan bahwa keunggulan Shopify adalah server yang memadai untuk menangani traffic yang besar, serta fitur dan layanan yang terus berkembang dan bisa langsung dirasakan oleh merchant.

Selain berbagai layanan khusus untuk merchant Indonesia, para merchant di negara ini juga bisa menikmati berbagai program penambahan nilai secara gratis yang ditujukan untuk Asia. Di antaranya adalah Yotpo yakni sebuah aplikasi ulasan sosial yang berguna untuk mempemudah pemberian ulasan, aplikasi Autopilot yang menciptakan kampanye mingguan secara otomatis, aplikasi Courier Advisor untuk menghitung masa pengiriman, dan lain-lain.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter