Categories

Gadget

Siap Bersaing Dengan Xiaomi, Lenovo Akan Hadirkan Smartphone Baru

Oki Rosgani - 16 October 2014

Lenovo adalah salah satu perusahaan elektronik asal Tiongkok yang kini tengah melakukan banyak inovasi, setelah berhasil mengakuisisi Motorola dari tangan Google, perusahaan ini tengah berencana untuk membuat smartphone baru yang siap bersaing dengan Xiaomi.

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone yang juga sama-sama berasal dari Tiongkok, namun produsen ini kini semakin gencar dalam memasarkan produknya ke luar negeri, termasuk juga telah merilis smartphone Xiaomi RedMi 1S di Indonesia yang penjualannya terbilang cukup sukses, tidak hanya di Indonesia namun di beberapa negara lain di Asia, Xiaomi juga mengalami kesuksesan yang sama.

Kesuksesan Xiaomi ini sepertinya telah mengusik kubu Lenovo hingga baru-baru ini tersiar kabar bahwa Lenovo tengah bersiap untuk merilis merek smartphone baru yang bisa menyaingi kepopuleran Xiaomi di Tiongkok. Informasi yang beredar juga menyebutkansmartphone ini akan hadir dari perusahaan baru yang didirikan dengan nama yang berbeda dari Lenovo untuk mendukung strategi ini.

Sayangnya, belum ada kabar mengenai bentuk serta spesifikasi seperti apa yang akan diberikan pada smartphone yang tengah disiapkan Lenovo itu, karena saat tulisan ini kami buat pihak Lenovo belum mengumumkan secara resmi mengenai nama dari smartphone yang khusus ditujukan untuk pasar Tiongkok tersebut. Namun pihak Lenovo menyebutkan bahwa perusahaan baru ini akan mulai beroperasi di Tiongkok pada bulan April 2015 nanti.

 

Info menarik: Tim Ilmuwan Singapura Ciptakan Baterai Fast-Charging yang Awet Selama 20 Tahun

 

Produk smartphone baru itu nantinya akan lebih berfokus pada brand aplikasi dan menawarkan pendekatan terhadap konsumen serta metode penjualan secara online, mirip seperti apa yang dilakukan oleh Xiaomi saat ini. Selain menyiapkan produk smartphone dan strategi penjualan barunya itu, kabarnya Lenovo juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa operator dan retail lokal untuk memasarkan smartphone tersebut.

Saat ini Xiaomi dan Lenovo merupakan vendor yang cukup populer di pasar Tiongkok. Lenovo bahkan telah lebih dulu masuk ke pasar internasional melalui produk laptop, tablet dan smartphone. Sementara itu, dibanding Lenovo, Xiaomi masih terbilang lebih muda, namun masyarakat Tiongkok telah menyamakan produk-produk Xiaomi dengan produk Apple, bahkan Xiaomi juga memiliki fans yang loyal yang selalu menantikan kehadiran produk baru Xiaomi sama seperti fans Apple.

CEO Lenovo Xiaomi, Lei Jun seringkali disamakan dengan CEO Apple, Steve Jobs. Menariknya, produk-produk Xiaomi selalu ditawarkan dengan harga lebih murah namun memiliki kualitas yang tidak diragukan. Terlebih paska bergabungnya Hugo Barra (ex karyawan Google) yang kini bertanggung jawab terhadap pemasaran Xiaomi di pasar global, membuat produk-produk Xiaomi semakin dikenal di pasar Internasional.

Akankah Lenovo berhasil menyaingin Xiaomi? Masih terlalu dini untuk kita jawab, jadi mari kita tunggu saja.

Sumber: Engadget.com | Gambar ilustrasi header: Lenovo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter