Bagi Anda pengguna layanan Gmail, persiapkan diri karena Google dilaporkan sedang memroses peluncuran desain baru untuk platform web. Kabar ini menjadi headline tak lama setelah merebaknya surat elektronik yang dikirimkan oleh tim Google G Suite untuk G Suite Administrator. Dalam surat elektronik itu disebutkan bahwa Google bakal mengumumkan pengalaman baru alias desain baru di Gmail melalui program Early Adopter, di samping beberapa fitur tambahan yang sudah lebih dihadirkan di platform mobile.

WtolJ2b.png

Dalam hitungan minggu, terutama pengguna desktop dapat mulai berharap untuk melihat wajah baru Gmail yang disebut oleh Google bakal lebih bersih dan segar. Di samping penampilan baru, Gmail untuk web juga dijanjikan beberapa fitur baru, antara lain:

  • Smart Reply yang duluan tiba di perangkat mobile akan jadi tambahan menyenangkan di Gmail.
  • Akses yang lebih ke aplikasi G Suite seperti Google Kalender melalui Gmail.
  • Google juga menghadirkan fitur “snooz” untuk sementara membungkam email dan memilih kapan mereka bisa muncul kembali di dalam inbox.
  • Dukungan offline yang disebut akan tersedia di Gmail mulai bulan Juni 2018.

Mengomentari kabar ini, juru bicara Google kepada Techradar mengatakan, bahwa pihaknya sedang mengerjakan pembaruan besar unutk Gmail namun masih dalam tahap konsep. Mereka mengaku masih butuh waktu untuk menyempurnakan segalanya. Jadi untuk saat ini mereka tak bisa mengatakan apapun terkait kabar yang beredar. Jika sudah, mereka pasti merilis pemberitahuan ke publik.

Soal bagaimana rupa Gmail versi web nantinya, kita hanya bisa menduga dan menunggu sampai versi betanya dirilis. Sebagai perusahaan internet raksasa, Google terbilang lamban melakukan pembaruan untuk aplikasi populer berbasis web miliknya. Google Calendar mendapatkan rombakan pada bulan Oktober tahun lalu. Perubahan yang hadir di Google Calendar mungkin bisa jadi gambaran apa saja yang mungkin tiba di Gmail. Seperi, desain yang lebih rata, lebih bersih dengan pemangkasan pernik-pernik tak penting, dan kemungkinan besar interface berkonsep kartu. Untuk penampilan sebenarnya, kita tunggu saja perkembangan terbaru dari Google dalam beberapa pekan ke depan.

Sumber berita Theverge via Slashgear dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.