1. Startup

Siap-siap, Promosi Besar-Besaran dari Layanan Daily Deals

Layanan daily deals lokal memang terus bertambah, yang baru saja dibahas DailySocial setidaknya 3 penyedia kupon diskon yaitu Indogroupon, Bomdis, dan AkuPlusKamu yang merupakan bagian dari AdaDiskon.

Masing-masing layanan memberikan berbagai fasilitas dan saling mengunggulkan layanan masing-masing, ada yang menyasar pangsa pasar niche dengan menyediakan kupon diskon makanan saja, ada juga yang menyediakan kategori khusus untuk berbagai jenis diskon, seperti gadgetdan travel, ada pula yang menjadi pelengkap dari layanan yang telah ada.

Selain dari pengembangan layanan, para penyedia diskon ini juga sibuk untuk melakukan promosi, ada yang melakukan kerja sama dengan layanan lain, seperti DealKeren, Ogah Rugi yang pernah bekerja sama dengan Urbanesia, atau berpromosi dengan menggunakan media konvensional/tradisional.

Baru-baru ini setidaknya ada tiga layanan yang melakukan promosi dengan media konvensional yaitu lewat stiker mobil, radio serta big banner. Untuk stiker mobil, saya pernah melihat Lapar.com menerapkan cara ini (maaf saya tidak sempat memfoto karena sedang mengemudikan motor), yang kedua adalah DealKeren yang melakukan promosi di salah satu radio jaringan yang cukup populer di Indonesia, HardRock FM beberapa hari yang lalu, dan yang terakhir, Disdus yang berpromosi di salah satu jalan paling sibuk di Bandung, Cihampelas (seperti yang terlihat di foto).

Disdus cukup mencuri perhatian saya, entah sejak kapan big banner itu muncul di pinggiran jalan Cihampelas, saya baru melihatnya 3 hari yang lalu.

Jalan Cihampelas merupakan kawasan wisata dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi, yang berarti peluang untuk dilihat oleh orang yang sedang melewati jalan itu menjadi cukup besar. Cihampelas juga menjadi tempat wisata kuliner, setidaknya ada beberapa tempat makan cukup populer di sana, selain terdapat pula mall, Cihampelas Walk, yang selalu ramai dikunjungi terutama weekend.

Penempatan di jalan ini, yang banyak tempat makan atau mall, juga sepertinya akan membuka peluang kerja sama antara Disdus dengan merchant yang ada di wilayah ini, setidaknya edukasi yang ingin dilakukan oleh Disdus adalah bagi mereka yang ingin menuju pusat perbelanjaan yang juga tempat makan, dengan memperkenalkan layanan yang menyediakan potongan diskon, terlihat dari desain banner yang menonjolkan angka diskon.

Promosi secara konvensional, sepertinya menjadi salah satu jalan yang harus ditempuh oleh penyedia layanan daily deals, selain tentunya dengan menggunakan media online lewat Twitter, Facebook dan situs masing-masing. Edukasi konsumen juga sepertinya menjadi sasaran dari promo big banner dari Disdus ini, termasuk juga promosi di radio serta channel lainnya yang dilakukan berbagai layanan daily deals.

Tentunya ini baru babak awal dari promosi yang dilakukan layanan daily deals, dan bisa ditebak, dengan bertambahnya tingkat persaingan, layanan daily deals yang secara serius mengembangkan layanan mereka akan semakin banyak yang melakukan promosi di media konvensional untuk memperkenalkan layanan mereka.

Contoh penggunaan media konvensional juga pernah dilakukan Koprol yang beriklan di TV, dan kemudian diikuti oleh TokoBagus yang juga beriklan di televisi nasional. Kita lihat siapa yang akan menyusul untuk membuat iklan di TV, serta promosi bersar-besaran apa yang akan dilakukan penyedia layanan kupon diskon lokal.

Anda punya informasi tentang promo besar-besaran dari layanan daily deals lokal lainnya? Informasi bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again