23 January 2015

by Yoga Wisesa

Siap-Siap Upgrade, DirectX 12 Hanya Berjalan di Windows 10

Hampir setahun silam Microsoft menyingkap DirectX 12 dalam GDC 2014, API baru mereka yang menjanjikan optimalisasi dan performa. Seperti versi sebelum-sebelumnya, orang sudah menebak DirectX terbaru kemungkinan besar akan eksklusif di Windows 10. Waktu itu Microsoft enggan memberi komentar, tapi akhirnya mereka mengkonfirmasi asumsi kita.

Dalam ajang Windows 10 di Redmond kemarin, Microsoft mengungkap bahwa DirectX 12 tak akan berjalan baik di Windows 7 ataupun 8.1. Pemberitahuan itu memang bukanlah kabar baik bagi mereka yang bersikeras tetap bertahan di platform lawas, dan kata-kata eksklusif kadang membuat kita meringis. Namun sebenarnya kita tak perlu gusar, jika sudah siap beradaptasi pada perubahan, pada dasarnya Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Kita tahu, Windows 10 akan tersaji sebagai update cuma-cuma khusus pengguna Windows 8 dan Windows 7. Periode distribusi gratis berlangsung selama setahun setelah ia dirilis resmi nanti. Tadinya Windows 10 direncanakan mendarat lebih cepat, namun Microsoft memutuskan untuk menundanya, dan masa Technical Preview sendiri berakhir tanggal 15 April 2015.

Upgrade gratis ke platform baru merupakan langkah dermawan bagi sang pencipta OS, apalagi mayoritas end-user kini telah menggunakan Windows 7 dan 8. Karena terlalu manis untuk jadi kenyataan, khalayak cemas dan penasaran, apakah penyajian Windows akan pindah ke sistem berlangganan? Microsoft sudah mengklarifikasinya, menyatakan Windows 10 tetap sama seperti versi-versi terdahulu - XP sampai 7 contohnya.

 

Info menarik: Via App Xbox, Permainan Xbox One Bisa Dinikmati Dari Windows 10

 

Tapi meski Windows 10 tersedia nanti, jangan harap game-game ber-DirectX 12 langsung tersedia di waktu dekat. Beberapa kartu grafis memang akan memperoleh keunggulan API baru tersebut, namun untuk membuka seluruh potensinya, Anda harus membeli GPU baru.

Kepada Rock Paper Shotgun, Partner Director of Program Management Xbox Mike Ybarra menjelaskan, "Akan ada sejumlah kartu [grafis] DirectX 11.1 yang mampu memanfaatkan teknologi software dan driver dalam Windows 10, walau begitu demi membuka seluruh kecanggihan DirectX 12, Anda membutuhkan GPU DX12."

Padahal kalau tidak salah, sebelumnya DirectX 12 pernah dijanjikan dapat kompatibel ke berbagai chip grafis GeForce ber-DirectX 11. Saya penasaran, jika benar begitu, apa kabarnya Xbox One? Bukankah API anyar itu dirancang agar bekerja di PC, tablet dan console mereka?

Sedikit kabar pahit diimbangi berita manis, 2015 akan menjadi tahun yang menarik bagi para pengguna dan gamer PC.

Sumber gambar: DirectX Developer Blog