1. DScovery

Siapa Elon Musk? Karir, Bisnis dan Pasangannya

Elon Musk benar-benar mewujudkan cita-citanya sebagai ahli teknologi

Elon Musk dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya pada tahun 2022 ini. Pendiri perusahaan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla Inc sekaligus pendiri SpaceX itu memiliki kekayaan sebesar 219 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 3.175 triliun.

Selain mengenai kekayaannya, apakah kamu sudah tau lebih detail mengenai Elon Musk? Jika belum berikut profil singkat mengenai Elon Musk yang bisa menjadi inspirasi bagimu.

Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Afrika Selatan. Ayahnya Errol Musk adalah seorang insinyur elektromekanis, sementara ibunya bernama Myae Musk berprofesi sebagai model.

Dikenal sebagai salah satu pengusaha terkaya di dunia, Elon Musk juga dianggap inovator yang berhasil menciptakan berbagai temuan kontemporer. Di dunia teknologi, Elon Musk diketahui sebagai pendiri beberapa perusahaan sebut saja PayPal, SpaceX, hingga Tesla.

Cerdas Sejak Dini

Mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman komputer sejak berusia 9 tahun, membuktikan kecerdasannya Elon sejak kecil. Tiga tahun kemudian atau ketika usianya mencapai 12 tahun, Musk membangun game PC bertema luar angkasa bernama lastar.

Dia kemudian menjual kode untuk Blastar seharga 500 dolar ke majalah komputer. Game yang memuat unsur pesawat ruang angkasa ini masih bisa dimainkan secara online saat ini, sebagaimana dilaporkan Clean Technica.

Elon Musk juga merupakan anak bertipe introvert dan seorang kutu buku. Saat setingkat SMA ia menojol di dua bidang yaitu fisika dan ilmu komputer.

Tahun 1990, Elon Musk masuk ke Queen's Unversity di Ontario, Kanada. Dua tahun kemudian ia pindah ke University of Pennsylvaia dan mengejar gelar ganda. Elon Musk lulus tahun 1997 dengan gelar sarjana ekonomi dan fisika.

Awal Karir Elon Musk

Sebagai anak yang selalu tertarik dengan sains, komputer, dan hal-hal yang berkaitan dengan ruang angkasa. Elon bercita-cita menekuni bidang tersebut dan benar-benar mewujudkannya pasca kuliah.

Tahun 1995, ketika era internet mulai meningkat, Elon Musk bersama dengan adiknya yang bernama Kimbal mendirikan perusahaan Zip2. Pada 1999, perusahaan ini dijual pada perusahaan komputer Compaq dengan harga sekitar 300 juta dolar.

Elon Musk kemudian beralih mendirikan sebuah layanan keuangan online bernama X.com. Tahun 2000, X.com merger dengan perusahaan rivalnya, confinity dan berubah menjadi PayPal.

PayPal yang dikenal sebagai lyanan transfer uang digital ini kemudian dibeli oleh eBay pada tahun 2002. Elon Musk yang saat itu berusia 31 tahun tercatat sebagai pemegang saham terbesar di PayPal. Setelah PayPal diberli oleh eBay, ia pun memiliki saham eBay sebesar 165 juta dolar.

Kecemerlangan Lahirkan Terobosan Teknologi

Dikutip dari situs DW, Elon Musk memiliki tiga misi utama dalam menjalani kariernya. Ketiga misi itu berhubungan dengan resiko perubahan iklim, risiko ketergantungan pada satu planet, serta risiko usangnya umat manusia.

Atas dasar itulah ia kemudian menciptakan beberapa temuan salah satunya Tesla. Tesla Motors adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, khususnya memproduksi mobil listrik yang ramah lingkungan.

Tak hanya Tesla, Elon Musk juga memimpin perusahaan SolarCity yang bergerak di bidang teknologi tenaga surya. Semuanya merupakan perwujudan dari ambisi Elon Musk untuk mengurangi resiko perubahan iklim.

Tahun 2002, Elon Musk mendirikan SpaceX yang merupukan perusahaan transportasi khusus luar angkasa dan bekerja sama dengan NASA. Hal Ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa umat manusia mungkin akan terancam punah apabila hanya bergantung pada satu planet.

Elon Musk tak hanya duduk sebagai CEO dan mengurusi hal-hal korporat perusahaan, tapi ia juga terjun langsung dalam berbagai proyek SpaceX. Dengan ilmu fisika dan berbagai kemampuannya, Elon Musk ikut mendesain dan membangun roket sekaligus pesawat ruang angkasa.

Tak hanya itu, Elon Musk memiliki memliki sejumlah perusahaan besar lainnya termasuk The Boring Company. Perusahaan yang berfokus pada pembuatan terowong bawah tanak yang bisa digunakan untuk pejalan kaki, barang, ytilitas, atau kendaraan listrik otonom demi menghindari kemacetan.

Perusahaan yang lahir akibat rasa frustasi yang menimpanya melihat kondisi jaringan transportasi di Los Angeles.

Adapula, Neuralink Corporation, perusahaan pembuat chip untuk ditanamkan ke otak dan sebagai laboratorium penelitian kecerdasan buatan bernama OpenAI.

Inspirasi bagi Iron Man

Karakter superhero Tony Stark dan Iron Man terinspirasi oleh Elon Musk. Bahkan ada rumor bahwa aktor yang memerankannya, Robert Downey Jr., ingin bertemu Mask dan duduk bersamanya untuk inspirasi karakter. Beberapa cuplikan untuk Iron Man 2 juga diambil di SpaceX, dengan Musk menjadi cameo dalam film tersebut.

Musk yang masih lekat dengan dunia perfilman ternyata adalah pemilik Wet Nellie. The Wet Nellie adalah mobil sport merangkap kapal selam Lotus yang muncul di film James Bond tahun 1970-an The Spy Who Loved Me. Musk bahkan dikabarkan berencana membuatnya menjadi mobil sungguhan yang bisa berubah wujud menjadi kapal selam.

Kehidupan Pribadi Elon Musk

Elon Musk adalah seorang ayah dari sebuah keluarga besar. Ia memiliki tujuh anak. Anak terakhirnya lahir pada awal Mei 2020, seorang anak laki-laki dari pacarnya, musisi Kanada Grimes.

Ketujuh anak Musk tersebut adalah Nevada Alexander, anak laki-laki kembar Griffin dan Xavier, anak laki-laki kembar tiga Kai, Saxon dan Damian, dan yang bungsu baru lahir bernama X Æ A-12.

Pasangan Elon Musk beberapa kali berganti, Istrinya yang pertama adalah Justine Musk, yang sekarang lebih dikenal sebagai Justine Wilson, Keduanya menikah pada 2000. Setelah itu, Musk melabuhkan hatinya pada aktris Talulah Riley. Elon Musk kemudian pindah ke Amber Heard, Mereka dilaporkan berkencan pada akhir 2016. pada 2018 Elon Musk dilaporkan berkencan dengan Grimes dan memiliki putra bernama X A-XII. yang terbaru pendiri Tesla ini dikabarkan behubungan dengan Shivon Zilis yang merupakan direktur proyek di perusahaan Neuralink.

Elon Musk adalah seorang pekerja keras, tetapi ia juga dikenal tidak sabaran, sering memecat karyawan yang dianggapnya tidak kompeten. Elon Musk sering membuat tweet kontroversial yang akhirnya berujung pada permintaan maaf. Elon Musk di Twitter sangat aktiv, bahkan karena begitu menyukai twitter Elon Musk berencana untuk membeli twitter.

Salah satunya adalah ketika dia men-tweet dan berkomentar tentang menyelamatkan korban dalam gua di Thailand. Penyelamatan dilakukan oleh penyelam komersial Inggris Vernon Unsworth. Saat itu, Elon Musk menuduh Vernon Unsworth sebagai seorang pedofil.

Setelah Vernon mengajukan gugatan terhadap Elon Musk, kasus tersebut dibawa ke pengadilan. Kontroversi lain yang juga sempat membuat Elon Musk jadi sorotan publik adalah saat ia tersandung kasus ganja.

Pada tahun 2020, Elon Musk kembali menjadi pusat perhatian dengan keputusannya untuk membuka kembali pabrik Tesla Motors di Fremont, California.

Hal ini menimbulkan kontroversi karena Elon Musk diduga melanggar peraturan pemerintah daerah. Saat itu, pabrik Tesla Motors belum dianggap sebagai pabrik/bisnis yang esensial untuk beroperasi di masa pandemi Covid-19. Pabrik ditutup selama dua bulan selama penguncian.

Referensi:

DW

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again