1. Startup

[Simply Business] Bekerja Terlalu Keras Tidak Baik Untuk Anda

Saya telah melihat tren yang mengganggu di dunia startup. Perilaku yang mengganggu di dunia korporat dan yang juga menjadi alasan utama mengapa saya meninggalkan dunia korporat telah menginfeksi dunia kecil kita yang indah. Tren tersebut adalah: Bekerja terlalu keras.

Ya, saya telah melihatnya terjadi. Orang bekerja sampai larut dilihat sebagai pahlawan dan bekerja di akhir pekan sudah dianggap sebagai hal normal. Tidak melakukannya membuat Anda jadi bahan ejekan masyarakat. Sebenarnya tidak perlu jadi seperti ini. Tidak peduli berapa jam yang Anda habiskan dalam bekerja, hasil adalah yang paling penting.

Butuh contoh? Lihatlah cara Ryan Carson dalam menjalankan bisnisnya, dengan bekerja hanya 4 hari per minggu namun masih bisa menjalankan usaha yang menguntungkan dengan pemasukan $3 juta per tahun.

Sekarang, saya bisa menebak apa yang ada di pikiran Anda (seperti yang dikutip dari Thinkvitamin.com):

“I have SOOO much to do I can hardly fit it into five days never mind four!” You may think that you have five days of work to do but you don’t. Again, you will always fill your time and there will always be more work to do. Take a deep breath, re-organise your to-do list and work like crazy. It can be done.

Ya, ini bisa dilakukan. Saya tidak akan mendiskusikan tentang bagaimana cara melakukannya. Ryan Carson telah menuliskannya di artikel tersebut. saya di sini hadir untuk membujuk Anda untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Saya telah melakukan eksperimen dengan bekerja 4 jam/hari dan hal ini cukup lucu. Saya bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan 4 jam/hari daripada 8jam/hari. Saya tahu saya punya waktu sangat sempit jadi saya menggunakannya secara efisien. Bayangkan punya 50% waktu lebih, tidakkah itu hebat?

Hasilnya sangat memuaskan. Pikiran saya tetap kreatif, saya menderita lebih sedikit dan lebih sedikit mengalami pikiran buntu dan saya lebih bahagia sebagai manusia. Kini saya punya waktu untuk bermain basket dua kali seminggu dan menghabiskan akhir pekan bersama dengan istri dan putri saya. Bulan April ini menjadi bulan paling baik untuk perusahaan saya selama dua tahun operasi dari sisi penjualan dengan pertumbuhan hampir 80% dalam satu bulan! Life is good.

Memiliki lebih banyak waktu berarti Anda bisa bergaul dengan teman dan keluarga lebih lama, bermain basket dua kali seminggu seperti yang telah Anda rencanakan bertahun-tahun dan bisa hadir di acara konser yang sebelumnya selalu Anda lewatkan.

Untuk merangkum semuanya, Anda bisa mengajukan pertanyaan ini pada diri Anda: Apakah di ambang ajal nanti Anda akan menyesali bahwa Anda tidak punya waktu untuk melakukan banyak hal yang ingin Anda lakukan? Atau Anda ingin melakukannya sekarang ketika Anda masih bisa?

Lakukan tantangan 4 hari kerja dalam satu minggu dan beritahu saya perkembangannya.

Aria Rajasa adalah CEO dari GantiBaju.com, startup di bidang busana yang tidak berbeda dengan Threadless tetapi dengan sentuhan lokal Indonesia, GantiBaju juga memiliki komunitas desain yang sangat kuat. Semangat Aria di dunia wirausaha membuatnya mendirikan beberapa perusahaan setelah lulus kuliah.

[Gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again