1. Startup

Sinar Mas Adopsi Teknologi AI untuk Transformasi Digital dengan RISE with SAP

Transformasi digital yang dilakukan Sinar Mas bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan optimasi AI di perusahaan

SAP SE mengumumkan bahwa Sinar Mas, salah satu konglomerat terbesar di Indonesia, telah memilih RISE with SAP untuk mengoptimalkan efisiensi operasional dan memanfaatkan inovasi terbaru SAP, termasuk Business AI. Langkah ini menandai awal transformasi digital Sinar Mas melalui migrasi lima bisnis mereka ke cloud.

Sinar Mas, yang beroperasi di tujuh pilar bisnis: Pulp & Paper, Agribisnis & Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang & Real Estat, Telekomunikasi & Teknologi, Energi & Infrastruktur, serta Layanan Kesehatan, sebelumnya mengandalkan sistem on-premise. Keputusan untuk beralih ke SAP S/4 HANA Cloud didorong oleh keinginan untuk merampingkan operasi, meningkatkan kelincahan, mempercepat inovasi, dan mendorong skalabilitas, yang semuanya dimungkinkan oleh inti digital yang bersih.

Migrasi ke Cloud untuk Efisiensi dan Inovasi

Franky Widjaja, Chairman dan CEO Sinar Mas Agribusiness & Food serta Golden Agri-Resources, menyatakan bahwa perpindahan ke cloud dengan bantuan mitra jangka panjang mereka, SAP, akan memastikan Sinar Mas dapat menavigasi tantangan masa depan dengan lebih baik serta memanfaatkan manfaat teknologi AI.

"Perusahaan-perusahaan saat ini harus beradaptasi cepat terhadap inovasi baru untuk terus tumbuh dan mencapai ambisi mereka," ujar Franky. "Langkah ini juga akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia."

Jesslyne Widjaja, Executive Director-Strategy & People di Golden Agri-Resources, menambahkan bahwa akses ke data yang akurat dan berkualitas tinggi dari seluruh organisasi sangat penting bagi Sinar Mas untuk mengintegrasikan dan merampingkan operasi.

"Dengan beralih ke SAP’s Cloud ERP, kami akan memiliki pandangan holistik atas data kami, memungkinkan kami untuk beradaptasi lebih baik terhadap perubahan yang berdampak pada semua industri tempat kami beroperasi," kata Jesslyne Widjaja.

Dukungan SAP untuk Transformasi Sinar Mas

Scott Russell, Chief Revenue Officer dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE, menyatakan bahwa keputusan strategis Sinar Mas untuk mengadopsi RISE with SAP adalah contoh utama bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia memanfaatkan teknologi cloud untuk membangun ketahanan dan kelincahan di pasar yang dinamis saat ini.

"Dengan kekuatan business AI yang terintegrasi langsung ke dalam proses bisnis inti mereka, Sinar Mas akan dapat membawa sejarah pertumbuhan dan inovasi mereka ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Scott. "Kami berharap dapat mendukung Sinar Mas dalam fase baru yang menarik dari transformasi bisnis mereka."

Verena Siow, Presiden dan Managing Director SAP South East Asia, menekankan bahwa selama kemitraan mereka dengan Sinar Mas yang telah berlangsung selama 28 tahun, Sinar Mas selalu melihat ke masa depan dan apa yang harus dilakukan untuk terus tumbuh dan berkembang.

"Perpindahan mereka ke teknologi cloud dengan RISE bersama SAP mencerminkan pendekatan yang berorientasi ke depan dan akan menyiapkan Sinar Mas untuk masa depan yang lebih baik dalam melayani pelanggan mereka serta terus berkontribusi pada perekonomian nasional Indonesia," kata Verena Siow.

Transformasi digital yang dilakukan Sinar Mas dengan bantuan RISE with SAP tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga untuk memanfaatkan inovasi AI yang terus berkembang. Langkah ini menandai komitmen Sinar Mas untuk tetap relevan dan kompetitif di era digital, sambil berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

-
Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again