Situs Daily Deals Outlet Kerjasama dengan KasPay untuk Pembayarannya

Outlet adalah situs daily deals lokal yang memiliki basis utama di Singapura. Setelah cukup sukses di sana, Outlet mulai merambah pasar Indonesia dengan bendera PT Uniscope Group. Per tulisan ini dibuat, Outlet baru mengeluarkan satu promo kupon, tapi sudah lumayan mendapatkan 114 pembeli. Secara umum, tidak ada perbedaan signifikan model bisnis Outlet dengan situs serupa. Satu alternatif pembayaran yang didukung oleh Outlet adalah penggunaan KasPay.

KasPay adalah sistem pembayaran via online dengan dana top up berasal dari transfer via BCA dan Mandiri dan dikelola oleh perusahaan yang membuat Kaskus. Sebelum bekerja sama dengan Outlet, KasPay telah digunakan oleh berbagai situs e-commerce, termasuk Disdus yang juga merupakan situs daily deals/group purchase. Selain mempromosikan penggunaan KasPay untuk pembayarannya, Outlet juga menawarkan iming-iming undian dengan hadiah gadget menarik untuk mempromosikan layanannya.

Lucunya, undian yang diadakan diposisikan serupa seperti suatu group purchase. Diperlukan minimal 2000 orang untuk "membeli" deal seharga Rp 0 ini supaya undian bisa diaktivasi. Meskipun baru diluncurkan akhir bulan Maret lalu, nampakny animo masyarakat terhadap Outlet (atau terhadap undiannya) cukup besar. Ada lebih dari 3000 orang yang telah menyukai Facebook Page-nya. Meskipun sudah banyak yang me-like Facebook Page-nya, tapi sampai sekarang belum ada 1000 orang yang mendaftar untuk pengaktifan undian.

Satu hal yang menarik saat saya coba membandingkan antara situs versi Indonesia dan versi Singapura adalah cara pembayarannya. Di Indonesia, penggunaan transfer bank adalah populer secara umum. Ini dikuatkan dengan hasil survey kecil-kecilan kami (akan dipublikasikan nantinya) bahwa memang ini adalah metode pembayaran yang lazim. Sementara di Singapura, mereka cenderung tidak percaya dengan transfer bank ataupun debit. Pilihannya antara kartu kredit ataupun PayPal, yang notabene ujung-ujungnya kartu kredit juga.

Sejauh ini saya belum pernah menemukan situs deal deals atau group purchase di Indonesia yang memberikan alternatif pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun PayPal. Jika KasPay terus berkembang, saya harapkan arahnya bisa menjadi PayPal-nya Indonesia dan dapat mengakomodasi kemudahan bertransaksi dengan metode debit maupun kredit. Tentunya untuk mencapai ke taraf itu harus bisa berurusan dengan birokrasi keuangan Indonesia yang cukup konservatif.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again