1. Startup

Situs Review Aplikasi Android Aplikanologi Resmi Diluncurkan (+Interview)

Hari Rabu tanggal 30 Mei 2012 yang lalu, bertempat di Dixie Easy Dining, Yogyakarta, sebuah situs bernama Aplikanologi.com telah diluncurkan. Aplikanologi.com sendiri adalah sebuah web portal yang berisi ulasan/review berbagai aplikasi Android yang disuguhkan untuk pengguna handset dengan sistem operasi Android di Indonesia.

Aplikanologi dikembangkan oleh Deddy Avianto (@IDberry), yang sebenarnya lebih dikenal sebagai BlackBerry theme developer yang cukup sukses dan identik dengan handset buatan RIM tersebut. Cukup menarik ketika orang yang lebih lekat dengan produk RIM meluncurkan sebuah web portal yang mengulas aplikasi yang berada di Google Play (di platform Android). Kami juga berkesempatan mewawancarai melalui e-mail dengan orang yang akrab disapa Om Deddy ini. Berikut wawancara kami dengan Om Deddy :

DS: Bisa dijelaskan, apa itu Aplikanologi?

Deddy Avianto: Jadi gini... Aplikanologi itu merupakan web portal yang berisi ulasan berbagai aplikasi Android yang kiranya cocok buat pengguna di Indonesia. Seperti kita ketahui, banyak sekali aplikasi/games yg tersedia di Google Play cenderung membuat user bingung untuk memilih. Selain itu karena quality control yang sangat rendah di Google Play dibandingkan market lainnya, banyak terdapat aplikasi/games yang kualitasnya menjadi pertanyaan besar. Berbagai ulasan di Aplikanologi bertujuan untuk memudahkan users terutama pemula untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya.

DS: Siapa yang disasar untuk menikmati Aplikanologi? User atau developer?

DA: Aplikanogi bermanfaat bagi users sebagai acuan yang kredible namun tetap disajikan dengan gaya bahasa santai dan populer. Aplikanologi juga akan sangat bermanfaat bagi para developer untuk mengekspose berbagai aplikasi/games lokal. Sudah lumayan banyak apps lokal yang tersedia di Google Play tapi karena minim exsposure maka jumlah download-nya pun belum menggembirakan. Selain itu, dengan ditampilkannya berbagai ulasan apps lokal, akan juga membantu berbagai pihak ketiga yang mungkin membutuhkan customized apps/games.

DS : Dari launching semalam, tampaknya ada kerja sama antara Aplikanologi dengan Qualcomm. Kerja sama dalam bentuk apa yang dijalin dengan Qualcomm?

DA: Salah satu tujuan utama dari Aplikanologi adalah ingin mengangkat aplikasi lokal dan juga developer-nya. Dalam hal ini, Aplikanologi mendapat kepercayaan dari Qualcomm untuk melakukan kurasi top 10 best apps (local) yang akan dikemas dalam sebuah apps launcher. Apps ini akan di-preload di berbagai device Android, dan hal ini tentunya akan menjadi peluang yang sangat baik bagi developer lokal.

DS: Sebagai pertanyaan penutup, bisa diperkenalkan orang-orang dibalik Aplikanologi?

DA: Siapa dibalik Aplikanologi? Saya sendiri, yang pasti membuat sebagian besar teman-teman bingung, karena selama ini sangat identik dengan BlackBerry. Saya dibantu secara teknis oleh Fachry Bafadal dan secara editorial oleh Amri Krisnadi dan Taufiq Hasan. Tidak menutup kemungkinan tim ini akan terus berkembang sejalan dengan waktu.

--

Yang menarik dari Aplikanologi selain menjadi bahan referensi para pengguna handset Android adalah kerja sama yang dilakukan dengan Qualcomm. Ini juga bisa jadi peluang bagi developer aplikasi atau game yang mengembangkan aplikasi mereka untuk Android, karena ada peluang untuk dimasukkan dalam sebuah apps launcher dan akan di-preloaded di handset Android yang menggunakan prosesor buatan Qualcom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again