1. Startup

Situs Travel Flamingo Diperbarui, Fokus ke User Experience

Situs travel Flamingo yang baru diluncurkan kurang lebih sebulan yang lalu telah mengalami pembaruan. Fokus pembaruannya ditujukan ke area User Experience, di mana kini pengguna lebih mudah menemukan jadwal perjalanan yang waktunya terdekat ataupun yang diinginkan. Selain itu, Flamingo juga memberikan fitur live chat di halaman depan untuk memudahkan pengguna berbicara di perwakilan Flamingo soal paket-paket perjalanan yang diminati.

Bernardus Sumartok selaku CEO Flamingo mengemukakan via email kepada kami tentang pembaruan ini. Pembaruan penting dilakukan berdasarkan feedback untuk meningkatkan kenyamanan pengguna menjelajahi situs Flamingo.  Menurutnya pembaruan kali ini mencakup empat aspek, yaitu halaman depan, pencarian, booking dan live chat.

Seperti yang sudah disebutkan, di halaman depan diinformasikan upcoming trip untuk mempermudah pencarian trip yang segera berlangsung. Berikutnya fungsi pencarian diubah dengan menampilkan lokasi dan tanggal kegiatan. Menurut Sumartok, fungsi pencarian sangat penting karena konsumen perlu mencari paket trip yg tepat sesuai dengan kebutuhannya, termasuk dalam hal waktu dan budget.

Seandainya tidak ditemukan paket perjalanan yang diinginkan, kini konsumen bisa mengisi formulir permintaan yang terletak di sidebar untuk mengusulkan perjalanan yang diinginkan. Pihak customer service selanjutnya akan menghubungi pengguna untuk berbincang mengenai opsi yang bisa dipilih.

Untuk fungsi booking, sekarang tampilannya dipermudah dengan hanya menampilkan jadwal kegiatan, di mana pengguna tidak perlu lagi mencari-cari kapan jadwal trip berikutnya. Seandainya waktu yang ada masih belum cocok, pengguna juga bisa memasukkan special request untuk waktu yang diinginkan.

Terakhir berkaitan dengan fitur live chat, Sumartok mengatakan bahwa fitur ini berada dalam tahap percobaan. Sumartok menjanjikan bahwa customer service ini akan bertindak selayaknya konsultan, di mana mereka akan membantu konsumen menemukan solusi liburan yang tepat tanpa batasan waktu. Nantinya pihak customer service akan menggunakan nama asli, bahkan Sumartok sendiri bakal setidaknya meluangkan satu jam sehari menjadi agen ini untuk mendengarkan informasi langsung dari pelanggan.

Sumartok sendiri mengatakan bahwa akan ada pembaruan lagi dalam waktu dekat. Buat saya langkah ini menarik karena prinsip update diterapkan secara terus menerus setelah diluncurkan, artinya konsumen menjadi tester utama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again