Categories

Gadget

Boosted Mini Adalah Skateboard Elektrik Premium yang Jago Bermanuver

Lebih ringkas dan lebih terjangkau dari versi standarnya, tapi masih menawarkan performa sekelas

Glenn Kaonang - 19 April 2018

Pernah menonton video garapan YouTuber kondang Casey Neistat? Kalau pernah, kemungkinan besar Anda juga pernah tahu soal Boosted Board. Vlog harian yang dirilis sang pria nyentrik itu sejatinya dapat menggambarkan betapa besar peran skateboard elektrik di kawasan urban seperti kota New York.

Boosted sendiri bukan yang pertama menciptakan skateboard elektrik, akan tetapi tidak bisa dipungkiri mereka adalah salah satu pabrikan yang tersukses; mengawali kiprahnya di platform crowdfunding Kickstarter, hingga akhirnya dipandang sebagai Tesla-nya industri skateboard hanya dalam kurun waktu sekitar enam tahun.

Belum lama ini, Boosted memperkenalkan lini skateboard elektrik generasi ketiganya. Yang sangat menarik, lini barunya ini mencakup skateboard yang berukuran lebih kecil bernama Boosted Mini. Mengapa ukuran begitu penting? Karena dimensi Boosted Board standar memang terlampau bongsor, dan lagi harganya juga kelewat mahal.

Boosted Mini mencoba menjegal dua problem tersebut. Panjang papannya cuma 29,5 inci, nyaris sama seperti skateboard biasa pada umumnya. Dimensi yang lebih ringkas ini membuatnya lebih mudah dipakai bermanuver, apalagi mengingat ia memiliki ekor yang bisa diinjak untuk mengangkat bagian hidungnya, sehingga menikung 90 derajat pun mungkin dilakukan – sekali lagi persis seperti skateboard biasa.

Selain lebih lincah, Boosted Mini tentunya juga lebih mudah dibawa-bawa. Bobotnya memang tidak beda jauh ketimbang Boosted Board standar, akan tetapi ukurannya yang lebih pendek membuatnya lebih mudah ditenteng selagi tangan dalam posisi rileks. Video dari Casey di bawah ini pastinya bisa memberikan gambaran yang lebih jelas.

Satu-satunya kelebihan utama Boosted Board standar yang absen di sini adalah papan yang fleksibel, yang merangkap tugas sebagai suspensi di atas jalan terjal. Namun setidaknya kekurangan itu bisa ditutupi oleh performa yang sekelas: kecepatan maksimum 29 km/jam, 3 mode berkendara, dan jarak tempuh maksimum 11 km sebelum baterainya perlu di-charge kembali.

Kemudian untuk urusan harga, Boosted Mini jauh lebih terjangkau daripada kakaknya. Ada dua varian yang tersedia: Boosted Mini S seharga $749 dan Boosted Mini X seharga $999. Perbedaannya hanya terletak pada kapasitas baterainya, di mana Mini X sanggup menempuh jarak 22 km dalam satu kali charge.

Harganya memang masih tergolong mahal, apalagi kalau dibandingkan dengan skateboard elektrik merek lain. Pun begitu, dari awal memperkenalkan produknya di Kickstarter, Boosted memang sudah bermaksud menyasar kategori premium. Anggap saja Boosted Mini ini sebagai langkah awal mereka dalam mendemokratisasi skateboard elektrik.

Atau kalau kata MKBHD: Boosted Board itu ibarat Tesla Model S, sedangkan Boosted Mini ini Model 3.

Sumber: Boosted.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter