1. DScovery

9 Skill Penulis yang Wajib Dimiliki dan Dikembangkan

Ketika kamu hendak menjadi penulis yang perlu disadari adalah skill yang wajib harus dimiliki untuk menjadi penulis yang sukses. Artikel di bawah akan menjawab itu semua!

Seperti profesi lainnya, penulis harus memiliki berbagai keterampilan. Baik itu penulis konten, artikel, fiksi dan nonfiksi, atau bahkan jurnal akademik.

Jika kamu bercita-cita untuk berkarier sebagai penulis, kami telah menyiapkan seperangkat keterampilan yang perlu kamu ketahui dan kembangkan. Ayo lihat lebih lanjut di bawah ini!

Komunikasi

Menulis adalah aktivitas merangkai kata-kata dalam bahasa sederhana. Tujuannya adalah agar karya kita dapat dimengerti oleh orang lain. Posisi ini mengharuskan kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuannya agar orang lain dapat memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan kemampuan komunikasi agar orang lain tertarik untuk membaca apa yang kamu tulis hingga akhir. Semakin banyak kamu berlatih menulis, semakin baik keterampilan itu akan meningkat dengan sendirinya.

Riset

Keterampilan penting lain yang harus dimiliki penulis adalah kemampuan melakukan riset. Ini karena membuat teks informatif membutuhkan riset yang menyeluruh.

Seorang penulis yang baik harus bisa melakukan riset dari beberapa sumber yang terpercaya, apalagi jika tingkat kesulitan topiknya cukup tinggi. Dengan meneliti, kamu dapat menambah informasi baru tentang berbagai topik serta ide-ide baru untuk menulis.

Self Editing

Keahlian lain yang harus dimiliki penulis adalah self-editing. Untuk mendukung kegiatan ini kamu harus belajar menggunakan tata bahasa yang benar. Setiap tembakan harus tepat waktunya.

Perhatikan juga pemilihan kata. Setelah menulis, kamu harus mengoreksi teks kamu untuk menghindari kesalahan ketik dan meningkatkan keterampilan. Pembaca akan merasa risih jika menemukan banyak kesalahan ketik dalam sebuah artikel.

Berpikir Kreatif

Saat kamu menulis, kemungkinan besar kamu akan menemukan topik yang kurang familiar. Di sinilah pemikiran kritis diperlukan untuk memecahkan masalah.

Kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang subjek untuk dapat menulisnya dengan jelas dan tanpa berbelit-belit. Dengan berpikir kritis saat kamy menulis atau menyiapkan topik, tulisan kamu lebih mungkin didasarkan pada informasi yang terperinci dan sistematis.

Manajemen Waktu

Penulis juga perlu tahu cara mengatur waktu dengan baik agar tidak stres, bahkan saat dikejar deadline. Selain itu, dengan manajemen waktu yang baik, kamu bisa menulis sesuai jadwal yang ditetapkan secara konsisten.

Creative Thinking

Pemikiran kreatif diperlukan untuk menulis cerita atau artikel. Kamu harus berpikir kreatif untuk mencari tahu kata-kata apa yang digunakan untuk membuat tulisan kamu lebih bervariasi, tidak monoton atau bahkan kaku.

Pemikiran kreatif juga sangat diperlukan untuk memunculkan ide tentang apa yang akan ditulis, sudut artikel dan banyak lagi.

Kemampuan Merangkum Kata

Kemampuan untuk mengkomunikasikan tujuan tulisan kamu kepada pembaca sangatlah penting. Saat menulis, perhatikan pilihan kata untuk rangkaian kalimat. Ini akan membuat tulisan kamu lebih mudah dipahami.

Detail

Mengutip MasterClass, perhatikan detailnya sejak awal, selama proses proofreading membuat perbedaan besar dalam tulisan kamu.

Penulis artikel, berita, dan novel sama-sama harus bisa memperhatikan detail. Ini karena kamu meningkatkan keterampilan menulis secara keseluruhan dengan memperhatikan detail.

Terorganisir

Penulis sukses terorganisir dan memiliki keterampilan organisasi yang baik. Ketika seorang penulis memiliki keterampilan organisasi yang baik, mereka secara otomatis lebih kreatif. Ketika segala sesuatunya tertata dengan baik di sekitar, kamu biasanya dapat fokus pada menulis.

Itu adalah skill yang harus dimiliki seorang penulis. Jika kamu sudah memiliki satu atau lebih keterampilan di atas, coba kembangkan keterampilan tersebut untuk menjadi penulis yang baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again