1. Startup

Skybee Segera Hadirkan Layanan Mobile Wallet Berbasis Internet

Skybee bakal menjadi perusahaan teknologi berikutnya yang meluncurkan layanan mobile wallet. Setelah mengakuisisi lembaga keuangan non-bank PT Sky Sab Indonesia, Skybee bakal menghadirkan mobile wallet yang berbasis Internet. Nantinya layanan ini dapat diakses melalui aplikasi yang dikembangkan untuk platform BlackBerry dan Android.

Meskipun dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi (terutama telekomunikasi), ternyata pendapatan utama mereka bukanlah dari sektor ini. Sebagaimana dikutip dari Kontan, Direktur Skybee Meiliana Widjaja mengatakan sepanjang Semester I 2013 pendapatan utama disumbang dari sektor media dan penjualan voucher isi ulang Indosat. Menurutnya, kontribusi dari bisnis digital sementara ini belum terlalu terlihat dan dia mengharapkan pada semester dua atau tahun depan lini bisnis ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan.

Hingga kuartal I 2013, pendapatan Skybee mencapai Rp 335 miliar, turun 34% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 504 miliar.

Salah satu alasan Skybee untuk terjun ke bisnis adalah karena belum banyak perusahaan non-bank dan non-telekomunikasi yang masuk ke sektor ini. Meskipun demikian Skybee masih belum menjabarkan bagaimana konsep mobile wallet-nya bakal dijalankan dan bagaimana pihaknya bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang lebih mapan.

Konsep mobile wallet semakin berkembang ketika perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba mengingkatkan jumlah penggunanya. Telkomsel T-Cash dan XL Tunai kini sudah bisa digunakan di sejumlah jaringan swalayan terkemuka. Pontus Sonnerstedt, Presiden Direktur Skybee, optimis bahwa tahun ini bisnis distribusi digital bakal tumbuh pesat seiring dengan pertumbuhan internet dan penjualan ponsel pintar.

[photo: Flickr/pritch]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again