1. Startup

Skype + Telkomsel: Telepon Murah dan Instant Messaging Untuk 100 juta Pelanggan

Skype melalui blognya baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan Telkomsel untuk menyediakan layanan Skype di handset yang didukung oleh Telkomsel. Telkomsel memiliki sekitar 100 juta pelanggan, menjadikannya provider seluler terbesar di Indonesia. Melalui kerjasama ini, pelanggan Telkomsel mampu menelepon ke saluran internasional dengan rate Skype dan juga conference call melalui Skype.

Saat ini, Skype akan segera tersedia di 24 perangkat yang didukung Telkomsel termasuk didalamnya adalah perangkat Nokia, LG, Samsung dan Blackberry dan nantinya akan juga tersedia untuk perangkat low-end dengan dukungan J2ME. Pelanggan Telkomsel akan tetap membutuhkan koneksi data yang aktif untuk menggunakan fitur-fitur ini.

Perangkat yang naik daun seperti iPhone dan iPad sendiri tidak disebutkan sama sekali dalam pengumuman ini, asumsi yang paling masuk akal adalah kerjasama ini berarti Telkomsel akan menyediakan aplikasi Skype secara default (pre-embedded) di perangkat-perangkat yang didukungnya dengan bundling paket data. Berhubung mayoritas pelanggan di Indonesia masih bersifat prabayar, belum terlihat jelas implikasinya untuk pengguna yang hanya membeli SIM card Telkomsel tanpa handset.

Dengan pasar 3G di top 10 global, 27 juta pelanggan 3G di Indonesia memang merupakan pasar yang menggiurkan dan juga pertumbuhan yang signifikan terutama di kota-kota besar. Skype sendiri mendapatkan keuntungan dari meluasnya adopsi, bersamaan dengan Telkomsel yang mendapat untung dari paket data.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again