1. Lifestyle

Pengelolaan Maksimal Smart Building Akan Memberikan Butterfly Effect Positif

Artikel ini hasil kerja sama DailySocial dengan Schneider Electric

Berbicara tentang perkembangan teknologi dewasa ini, kita tidak akan lepas dari kata pintar. Jam tangan pintar, mobil pintar, kulkas pintar, dan tentu saja gedung serta kota pintar.

Salah satu yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari adalah smart building atau gedung pintar. Saat bekerja, kita akan berada di dalam gedung, saat sakit kita pun ada dalam gedung, bahkan saat makan juga ada dalam bangungan mall atau tempat makan. Lalu apa manfaat dari bangunan pintar ini?

Tidak hanya sebatas menjadi keren karena gedung yang kita gunakan ada embel-embel pintar serta canggih, namun penggunaan IoT atau Internet of Things dalam sebuah gedung bisa memberikan manfaat yang sangat luas dan menyentuh langsung kehidupan manusia. Tentu Anda penasaran kan dengan konsep IoT? Cari tahu lebih dalam dengan masuk ke sini.

Kenyamanan, keamanan, serta pengaturan konsumsi energi adalah beberapa hal yang bisa didapat dengan pengelolaan gedung pintar. Dengan konsumsi energi yang terdata dan bisa diatur, maka penghematan pun bisa dilakukan. Penghematan energi, listrik misalnya, yang hadir hanya dari satu gedung, bisa jadi tidak akan memberi dampak signifikan.

Nah, bayangkan jika jumlah gedung berkali-kali lipat, penghematan energi ini tidak hanya akan memberikan dampak pada pengelola gedung, tetapi bisa pula masyarakat luas. Atau bayangkan lokasi tertentu yang terkena pemadaman listrik, bagaimana jika di lokasi tersebut ada rumah sakit.

Apa jadinya jika bangunan rumah sakit tersebut tidak bisa bereaksi cepat untuk mengantikan sumber listrik menjadi ke generator? Bagaimana jika ada dokter yang sedang berada di tengah kegiatan operasi dan membutuhkan pasokan listrik yang stabil?

Dengan pengelolaan gedung yang cerdas serta perangkat smart building yang tepat, maka masalah ini bisa dihindari. Ini karena teknisi gedung bisa memantu secara real time dan mendapatkan peringatan saat akan terjadi masalah. Jadi, bisa melakukan penindakan dengan tepat dan cepat.

Contoh lain juga bisa diterapkan ke bangunan publik, toko retail, atau bangunan lain termasuk kantor. Jika bangunan tersebut tidak memiliki pengelolaan pintar, maka ketika terjadi masalah penyelesaiannya akan lambat. Tetapi, tidak jika gedung tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas smart building. Tidak melulu ketika listrik padam, misalnya saja ada masalah pada AC atau bagian gedung seperti lift, lampu ruangan dan lain sebagainya. Dengan monitor yang canggih dalam pengelolaan smart building, masalah ini bisa diketahui dengan tepat dan diselesaikan secara cepat pula.

Pengelolaan smart building juga tentunya bisa menjadi salah satu unsur dalam pembangunan smart city, terutama untuk bangunan publik atau milik pemerintah. Penghematan energi yang bisa dilakukan tidak berdampak hanya pada kenyamanan, namun integrasi dengan layanan lain yang terkait, misalnya aplikasi mobile atau dashboard untuk monitoring. Sehingga, akan berdampak pada penghematan energi yang lebih luas dari sebuah kota.

Salah satu penyedia layanan untuk penerapan smart building seperti yang dijelaskan di atas adalah Schneider Electric, melalui layanan yang bisa diandalkan, yaitu smart panel. Smart panel merupakan solusi untuk menjawab kendala dan tantangan dalam pengelolaan energi di dalam bangunan. Inovasi terintegrasi untuk membuat gedung menjadi lebih efisien dari sisi pemakaian energi. Sebuah layanan untuk mendukung penggunaan gedung pintar.

Dengan smart panel, pengelola gedung bisa mendapatkan berbagai fasilitas, antara lain pengukuran atau measure, penghubungan atau connect, serta penyimpanan data atau save. Pemilik atau pengelola gedung bisa mengukur pemakaian energi dan biayanya dengan akurat, mengakses data dengan mudah lewat komputer desktop, atau perangkat tab, serta dapat memonitor secara real time karena berbasis cloud. Tiga layanan ini akan menjadi tools yang sangat efektif untuk menghemat energi dan memberikan keamanan, serta kenyamanan untuk pengguna gedung.

Schneider Electric sendiri memiliki moto 'Life is On’ yang memberikan gambaran mengenai sistem gedung yang bisa memberikan kenyamanan serta keamanan bagi penggunanya. Di sisi lain, teknologinya mampu mengkoneksikan berbagai teknologi lain yang ada di gedung. Ini semua bertujuan untuk pengaturan gedung yang lebih baik. Penerapan smart building yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi pengelola, pengguna dan dampak luas bagi masyarakat luas, baik dalam jangka pendek dan terlebih dalam jangka panjang.

Schneider Electric sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, banyak berkontribusi terhadap kemajuan teknologi yang efektif dan efisien. Pastikan Anda mengetahui hal apa saja yang sudah diberikan bagi kemudahan hidup manusia di masa mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again