Categories

Berita

Smartfren Coba Bangkitkan Kembali Layanan e-Money Uangku

Michael Erlangga - 2 October 2014

Demi menunjang pendapatan dan menggali lebih banyak potensi , PT Smartfren Telecom (Smartfren) mencoba menghidupkan kembali layanan uang elektronik (e-money) Uangku. Smartfren mempercayakan Digital Money Indonesia sebagai mitra bisnis untuk merevitalisasi produk ini. Selain Uangku, Smartfren juga memiliki Smart Dompet yang menggandeng Bank Sinarmas.

Diberitakan oleh Indotelko (29/9), sistem pembayaran uang milik Smartfren ini mampu menjadikan nomor ponsel seperti rekening bank. Untuk hal ini, konsepnya mirip dengan Rekening Ponsel yang diusung oleh CIMB Niaga. Pelanggan dapat melakukan pembelian barang, pulsa, atau transfer uang. Produk ini juga memanfaatkan fasilitas QR Code untuk setiap transaksinya.

“Sekarang masih uji coba dan sudah ada sekitar seribu pengguna yang mengunduh aplikasi Uangku dengan rata-rata transaksi Rp 50 ribu. Kita mau genjot dulu jumlah merchant sebelum peluncuran. Sudah ada 20 merchant yang telah bergabung di antaranya Century, dan Sogo,” ujar CEO dan President Director Digital Money Indonesia Iwan Notowidjojo yang dikutip dari sumber yang sama.

Iwan melanjutkan bahwa layanan Uangku saat ini memiliki keunggulan yang tak hanya bisa berjalan di nomor pengguna Smartfren, tetapi juga oleh pengguna nomor seluler lainnya. “Sekarang lebih telko organic dan bisa digunakan oleh semua pengguna smartphone yang berbasis Android, BlackBerry, atau iOS. Jadi, Uangku tak hanya membidik pengguna Smartfren, tetapi seluruh seluler," ungkap Iwan.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim turut mengomentari perihal rencana Smartfren ini, “Uangku yang kita punya sejak beberapa tahun lalu akan lebih inovatif nanti. Tunggu saja peluncuran ulang produk ini di kuartal IV 2014. Sekarang aplikasinya sudah pre install di Andromax C3.”

Menarik untuk ditilik bagaimana Smartfren mencoba memperbaiki rapor merah keuangan mereka di beberapa tahun belakangan ini, termasuk rencana mereka meningkatkan teknologi jaringan mereka ke LTE. Tak ayal proyek lama yang meredup pun berusaha kembali dicoba peruntungannya demi menguatkan arus kas positif mereka. Bukan tidak mungkin jika nantinya Uangku bisa dimanfaatkan atas kerja sama yang telah dibangun Smartfren dengan Migme, MoboMarket, dan layanan yang telah mereka miliki lainnya.

[foto: Smartfren]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter