1. Startup

Smartfren Luncurkan Aplikasi VoIP Prabayar SmartCall dengan Konsep Nomor Virtual

Smartfren meluncurkan aplikasi VoIP prabayar menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh One Horizon. Aplikasi ini diberi nama SmartCall dan bekerja untuk platform Android. One Horizon adalah perusahan yang bergerak di bidang pengembangan dan lisensi Mobile Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk perangkat bergerak.

Target pasar layanan VoIP dengan model pay-as-you-go (bayar selama menggunakan) ini adalah orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, wisatawan yang keluar masuk Indonesia, dan orang Indonesia yang mencari aplikasi VoIP yang benar-benar mobile. Setelah aplikasi SmartCall terpasang di smartphone, pengguna aplikasi akan menerima nomor telepon Virtual SIM baru dari Smartfren dan dapat di-top-up di setiap gerai ritel Smartfren atau online store. SmartCall sendiri segera bisa diunduh melalui Google Play Store.

Founder dan CEO One Horizon Brian Collins dalam rilis persnya mengatakan, "Peluncuran ini merepresentasikan peluncuran layanan Virtual SIM pertama di Indonesia dan menggunakan teknologi mobile VoIP revolusioner kami yang merupakan solusi inovatif bagi operator. Pengguna smartphone di seluruh dunia akan mendapat keuntungan penggunaan bandwidth yang sangat kecil dan VoIP berkualitas tinggi yang diperoleh dari aplikasi SmartCall dan dikombinasikan dengan kualitas dari jaringan teleponi Smartfren."

Layanan VoIP seperti ini memang menjanjikan solusi murah untuk menghubungi atau dihubungi oleh keluarga di rumah, meskipun saat di luar negeri sekalipun, Konsepnya serupa dengan skema Skype yang digabungkan dengan ketersediaan nomor lokal Indonesia secara virtual. Kesepakatan ini merupakan kerja sama pertama yang diumumkan oleh Smartfren setelah kolaborasinya dengan Bakrie Telecom untuk penyelenggaraan jaringan bersama, terutama dalam usahanya mengarah ke teknologi LTE.

"Unduh, top-up, dan Anda aka benar-benar memiliki nomor telepon Indonesia untuk menelepon dan mengirim pesan ke siapa saja di rumah dengan tarif lokal dan mereka dapat menghubungi Anda dengan nomor Smartfren lokal. Kombinasi jaringan telepon Smartfren yang fantastis dan aplikasi ini akan menghasilkan layanan mobile VoIP yang berkualitas dan bersama dengan paket menelepon Smartfren akan merepresentasikan inovasi besar di segmen panggilan suara untuk orang Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar, " tambah Brian.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again