28 December 2016

by Bambang Winarso

Bukan Satu atau Dua, HMD Global Disebut Siapkan 5 Smartphone Berlabel Nokia

Kelima smartphone bakal dirilis dalam rentang waktu berbeda, dibuka oleh D1C di ajang MWC 2017

Nokia melalui rekanannya, HMD Global telah menandai kembalinya brand legendaris itu ke industri mobile melalui peluncuran ponsel feature, Nokia 150. HMD Global selaku pihak yang bertanggung jawab merakit perangkat berlabel Nokia hingga siap jual pun sudah membeberkan niatannya untuk merilis paling tidak satu smartphone Android di ajang MWC 2017.

Dalam beberapa kesempatan ada satu nama perangkat yang paling sering disebutkan dalam rumor, yaitu Nokia D1C. Tapi, menurut bocoran Digitimes terindikasi kuat bahwa HMD Global telah menjalin kerjasama dengan pemasok dari Taiwan untuk mengembangkan tambahan 4 smartphone model baru lainnya.

Tapi keempat smartphone tersebut diyakini tidak akan dirilis secara bersamaan, tetapi dibagi ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama milik Nokia D1C atau apapun namanya, gelombang kedua dan ketiga bakal dirilis pada kuartal kedua dan ketiga tahun 2017. Di dua gelombang inilah keempat smartphone Nokia model lain bakal memulai debutnya.

Keempat smartphone disebut bakal memiliki rentang ukuran layar mulai dari 5 hingga 5,7inci dan minimal memiliki resolusi full HD (1080p). Khusus untuk komponen layar, HMD Global telah memesan dari beberapa pemasok, mulai dari LG Display, Century Technology dan Innolux. Sedangkan FIH Mobile bakal jadi rekanan dalam proses produk perangkat.

Selain D1C, bendera Nokia juga santer disebut mejeng di sebuah perangkat flagship bernama Nokia P. Nokia P disebut bakal mengemas chipset Snapdragon 835 yang ditemani oleh RAM berkapasitas 6GB dan kamera utama 23MP yang ditenagai oleh lensa Zeiss yang punya reputasi sangat baik di ranah fotografi. Jika benar maka jeroan smartphone ini dipastikan bakal sekelas dengan ponsel-ponsel unggulan Samsung, LG maupun HTC. Rentang waktu yang tepat untuk memberikan perlawanan keras di tahun 2017 seiring dengan peluncuran flagship olehย brand-brand tersebut.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header NokiaMob.