7 November 2016

by Bambang Winarso

GM 5, Smartphone Android One Pertama dengan OS Android Nougat

Smartphone Android One dari General Mobile ini ditenagai prosesor quad core dan RAM 2GB

Google Pixel dan LG V20 menjadi dua smartphone pertama yang membawa sistem operasi Android 7.0 Nougat sejak dilahirkan. Tapi, kedua ponsel pintar tersebut hanya menarik bagi sebagian pengguna, tidak bagi konsumen kelas menengah ke bawah yang merasa keduanya masih terlalu mahal.

Untungnya General Mobile hadir sebagai opsi lain yang lebih terjangkau. Menawarkan alternatif smartphone Android Nougat yang lebih murah, General Mobile secara resmi mengumumkan kehadiran GM 5, smartphone program Android One pertama yang ditenagai OS Android 7.0 Nougat.

GM 5 hadir dengan komponen yang digunakan kebanyakan ponsel kelas entry level, seperti prosesor quad core dari Qualcomm, tapi belum diketahui secara pasti model yang digunakan. Kemudian RAM 2GB dan memori internal seluas 16GB.

Menawarkan layar 5 inci beresolusi HD, GM 5 juga mempunyai sepasang kamera cukup baik. Di belakang, smartphone menggunakan kamera 13MP sedangkan di depan menawarkan resolusi 5MP untuk menangani kebutuhan selfie dan panggilan video.

Dalam debutnya, GM 5 dibalut warna Golden, Space Gray dan Black. Tenaga utama dipasok oleh baterai sebesar 2.500mAh yang juga terbilang standar.

General Mobile memang belum membeberkan berapa harga jual GM 5, namun ponsel pintar murah ini dipastikan bakal menyambangi 20 negara di Eropa antara lain Azerbaijan, Albania, Afghanistan, Belga, Bosnia, Kroasia, Cyprus, Georgia, Ghana, Yunani, Iraq, Kenya, Luxembourg, Moldova, Belanda, Pakistan, Serbia, Tunisia, Turki dan Uzbekistan.

Sumber berita AusdroidΒ dan General Mobile