Categories

Internet

Smartphone Fujitsu Arrows NX F-04G Dapat Memindai Iris Mata Anda

Glenn Kaonang - 5 June 2015

Setelah prototipenya dipamerkan di awal bulan Maret kemarin, teknologi pemindai iris mata untuk smartphone besutan Fujitsu rupanya sudah matang dan siap dikomersialkan. Mereka memperkenalkan smartphone anyar bernama Arrows NX F-04G yang dilengkapi teknologi ini.

Kalau di prototipenya teknologi pemindai iris mata ini masih memerlukan alat tambahan yang ditempatkan di bagian atas smartphone, maka produk versi finalnya tidak demikian. Seperti yang bisa kita lihat, bagian atas Fujitsu Arrows NX F-04G tampak standar-standar saja jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Buat yang penasaran, teknologi bernama Iris Passport ini bisa dikatakan sebagai Touch ID untuk mata; ia mengombinasikan kamera depan, LED inframerah dan filter inframerah sehingga ponsel dapat mengidentifikasi pengguna tanpa perlu meng-inputpassword maupun memindai sidik jari. Yang diperlukan hanyalah kontak mata antara pengguna dengan smartphone.

Usai dikalibrasi pada awalnya, Iris Passport memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone-nya hanya dalam waktu 0,6 detik, dengan tidak melakukan apa-apa kecuali memandang smartphone. Iris Passport dapat dipadukan dengan aplikasi password manager sehingga pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan otentikasi pada berbagai situs atau aplikasi. Soal keamanan, Fujitsu mengklaim data iris mata pengguna akan disimpan secara lokal, sama seperti Touch ID.

Info menarik: Fujitsu Kenalkan Teknologi Pendingin Smartphone yang 5 Kali Lebih Tangguh

Dari sudut pandang smartphone secara umum, Fujitsu Arrows NX F-04G tampak kompeten. Ia mengemas layar IPS 5,2 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel. Kinerjanya ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 810, dengan prosesor octa-core (quad 2 GHz + quad 1,5 GHz), RAM 3 GB, storage internal 32 GB serta menjalankan OS Android 5.0 Lollipop.

Di atas kertas, kamera belakangnya pun cukup ‘mengerikan’. Fujitsu memercayakan sensor CMOS 1/2,4 inci buatan Sony, yang sanggup menghasilkan foto dalam resolusi 21,5 megapixel, serta video 4K dalam kecepatan 30 fps. Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Tenang, Fujitsu telah menanamkan baterai berdaya 3.120 mAh.

Selain fitur unik seperti Iris Passport tadi, Fujitsu Arrows NX F-04G rupanya juga telah dibekali dengan teknologi bertajuk TransferJet. TransferJet sederhananya merupakan teknologi transmisi nirkabel antara perangkat dalam jarak berdekatan. Jadi gampangnya, ketika Anda mendekatkan dua smartphone Arrows NX F-04G ini, Anda bisa memindahkan berbagai macam file dengan kecepatan transfer mencapai 375 Mbps.

Satu-satunya hal yang mengecewakan dari Fujitsu Arrows NX F-04G adalah, belum ada informasi soal ketersediaannya di luar Jepang. Di kampung halamannya tersebut, Fujitsu menggandeng NTT Docomo untuk memasarkan Arrows NX F-04G.

Sumber: Fujitsu dan The Daily Dot.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter