8 September 2014

by Oki Rosgani

Smartphone Motorola Moto X Terbaru Bisa 'Mendengar' Penggunanya

Motorola baru saja merilis sejumlah produk baru, setelah merilis smartphone Motorola Moto G2, kini perusahaan yang diakuisisi oleh Lenovo itu telah kembali merilis flagship terbarunya dengan mengusung nama New Moto X.

Smartphone Motorola New Moto X hadir dengan sejumlah pembaharuan dan beberapa fitur tambahan, beberapa diantaranya adalah layar yang lebih besar, spesifikasi hardware yang lebih baik, serta kemampuan fitur yang lebih ditingkatkan.

Untuk layarnya, perangkat yang sebelumnya dirumorkan bernama Moto X+1 ini hadir dengan layar lebih besar, yakni 5,2 inci dengan resolusi 1080p, versi pendahulunya hanya memiliki resolusi 720p dengan bentang layar 4,7 inci saja. Sama dengan Motorola G2, pada bagian depan ponsel New Moto X ini dilengkapi dengan dua buah speaker pada bagian atas dan bagian bawah layarnya.

Pada bagian belakangnya terdapat kamera utama 13 megapiksel yang didukung dengan dua buah lampu kilat, menariknya lampu kilat yang disematkan pada perangkat ini diletakkan pada bagian kiri dan kanan lensa, tidak ditempatkan secara terpisah seperti pada smartphone lain pada umumnya. Motorola menyebut ini sebagai Ring Flash, sedangkan pada bagian depan dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel.

 

Info menarik: Baidu Hadirkan Kacamata Pintar Bernama Baidu Eye

 

New Moto X (atau disebut juga sebagai Moto X 2014 atau Moto X generasi kedua) diotaki dengan prosesor quad-core 2,5GHz Qualcomm Snapdragon 801, didukung pula dengan chipset grafis Adreno 330, versi pendahulunya hanya dijejali dengan prosesor 1,7Ghz saja, namun RAM masih menggunakan kapasitas 2GB, dan menawarkan kapasitas ROM dengan dua opsi pilihan yakni 16GB atau 32GB.

Sedangkan baterainya mengalami peningkatan dari 2200 mAh kini menjadi 2300 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, Motorola mengklaim bahwa New Moto X bisa digunakan selama satu hari penuh dalam satu kali pengisian ulang.

Untuk sistem operasinya, Motorola telah menyematkan Android 4.4.4 KitKat, pihak Motorola juga mengatakan bahwa smartphone ini akan siap untuk ditingkatkan ke sistem operasi Android L jika sistem tersebut telah tersedia.

Hal yang menarik perhatian kami adalah penggunaan perintah suara yang bisa diterima oleh perangkat ini, sehingga Motorola New Moto X ini seakan dapat 'mendengar' perintah penggunanya sehingga dapat menjalan aplikasi tanpa harus menyentuh layar smartphone tersebut.

Untuk mengambil foto selfie misalnya, pengguna hanya tinggal mengatakan "Ok Phones, take selfie picture", untuk selanjutnya pengguna hanya perlu mengarahkan kamera depan untuk mengambil foto selfie. Perintah suara ini dapat diatur oleh pengguna, sehingga kita bisa memberikan perintah dengan bahasa Anda sendiri.

Bagian belakang perangkat ini juga memiliki beberapa disain yang bisa dipilih sesuai selera, selain tutup belakang model warna-warni, ada juga tiga buah model dengan motif kulit serta beberapa model dengan motif kayu dan bambu.

Menurut rencananya, New Moto X ini akan mulai tersedia dipasaran pada akhir bulan September ini dan ditawarkan dengan harga $499 USD.

Sumber: IntoMobile dan YouTube Motorola