Snap Luncurkan Lens Studio, Aplikasi Gratis untuk Membuat Objek AR Interaktif di Snapchat

Snap Luncurkan Lens Studio, Aplikasi Gratis untuk Membuat Objek AR Interaktif di Snapchat

Siapapun yang punya pengalaman membuat animasi 2D atau 3D dapat merancang World Lens versinya sendiri
Snapchat Lens Studio / Snap
Snapchat Lens Studio / Snap

Sebelum tren augmented reality (AR) kembali dibangkitkan oleh Apple lewat ARKit di iOS 11, Snapchat sebenarnya sudah berkontribusi lebih dulu. April lalu, mereka merilis fitur bernama World Lenses, yang memungkinkan pengguna untuk bermain-main dengan objek 3D interaktif yang bisa ditempatkan di mana saja kamera ponsel kita arahkan, yang belakangan kita kenal dengan istilah AR.

Langkah selanjutnya adalah memperbanyak jumlah World Lenses yang tersedia. Ketimbang merekrut lebih banyak desainer, Snap memutuskan untuk menggandeng komunitas kreatif dengan meluncurkan Lens Studio, aplikasi Mac dan Windows yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh siapapun untuk merancang World Lens-nya sendiri.

Snapchat Lens Studio

Asalkan Anda punya pengalaman merancang animasi 2D atau 3D, Anda bisa menciptakan World Lens versi sendiri menggunakan aplikasi ini. Setelahnya, Anda bisa membagikan QR Snapcode kepada pengguna lain untuk diunduh dan digunakan selama 24 jam ke depan.

Mengapa cuma 24 jam? Karena Snap melihat peluang untuk meraup pendapatan ekstra melalui platform pembuatan World Lens ini. Singkat cerita, kalau Anda mau World Lens bikinan Anda bisa digunakan selama lebih dari 24 jam, Anda diharuskan membayar biaya mengiklan ke Snap.

Bagi yang tidak bersedia membayar, Anda tinggal meminta pengguna memindai QR Snapcode yang sama untuk mengunduh World Lens bikinan Anda kembali dan menggunakannya selama 24 jam lagi. Di sisi lain, batasan ini juga dimaksudkan supaya pengguna tidak terus menerus memakai World Lens yang sama, dan mendorong mereka untuk mencoba kreasi yang lainnya.

Snapchat Lens Studio

Seluruh kreasi komunitas ini bakal melalui proses moderasi terlebih dulu guna memastikan tidak ada World Lens yang bersifat menyinggung maupun berbau dewasa. Pengguna nantinya juga bisa melaporkan World Lens yang dinilai bermasalah, yang lolos dari pantauan tim internal Snap.

Buat yang tertarik, Anda hanya memerlukan akun Snapchat untuk bisa mengunduh Lens Studio sekarang juga. Untuk pengguna secara luas, bersiaplah bermain-main dengan objek AR kreasi komunitas.

Sumber: Snap dan TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…