1. Startup

Social Bella Raih Pendanaan 927 Miliar Rupiah Dipimpin Temasek dan L Catterton

Gerai Sociolla kini tersebar di 48 titik di 15 kota di Indonesia dan 13 titik di Vietnam

Startup beauty-tech Social Bella, pemilik brand dari Sociolla, mengumumkan perolehan investasi baru yang dipimpin oleh Temasek dan L Catterton. East Ventures, Jungle Ventures, dan investor lain yang berpartisipasi dalam putaran sebelumnya juga bergabung dalam putaran yang bernilai $60 juta ini (lebih dari 927 miliar Rupiah).

Seluruh investor yang berpartisipasi dalam putaran ini adalah investor lama Social Bella. L Catterton merupakan investor sebelumnya yang memimpin pendanaan Social Bella pada Mei 2021 senilai $57 juta. Sementara, Temasek berpartisipasi dalam putaran senilai $58 juta pada Juli 2020.

Penggalangan ini dinilai sukses terlepas dari kondisi ekonomi makro yang menantang. Social Bella berhasil membuktikan pertumbuhan berkelanjutan, dengan peningkatan margin dan ekspansi bisnis yang tumbuh hingga 20 kali lipat sejak 2020.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan perusahaan pada hari ini (18/10), President dan Co-Founder Social Bella Christopher Madiam menyampaikan, strategi keberlanjutan telah menjadi prinsip inti Social Bella sejak pertama kali berdiri dan semua langkah berani perusahaan selalu diperhitungkan dengan baik.

“Inilah mengapa kami mampu menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa meskipun ada pandemi dan mengumpulkan dana baru dari investor besar, memvalidasi model bisnis kami dan fundamental yang kuat. Meskipun kami tidak pernah takut untuk menjadi pengubah permainan industri, pengejaran tanpa henti kami untuk pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang yang mendefinisikan kami dan akan terus memandu jalan kami ke depan,” kata Christopher.

Sementara itu, Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, investor lama Social Bella, mengungkapkan pujiannya terhadap rekam jejak Social Bella yang terbukti berhasil dalam bisnis berkelanjutan. Menurutnya, Social Bella selalu bersemangat membangun bisnis berkelanjutan yang mengutamakan pelanggan.

Misalnya, terkesan menyaksikan bagaimana perusahaan dapat mengubah tantangan pandemi menjadi peluang ekspansi sambil beradaptasi dengan cepat untuk melayani perubahan kebutuhan jutaan pelanggan dengan lebih baik selama pandemi COVID-19, dengan strategi luar biasa yang belum pernah terlihat sebelumnya di industri ini.

“Kami telah menyaksikan bagaimana tim Social Bella, dari mengelola perusahaan selama pandemi hingga pasca-pandemi, dengan terampil menyalip pemain lain dan melaju kencang saat hujan deras,” ucap Willson.

Christopher melanjutkan, Social Bella berambisi menyasar kategori SHEconomy di Asia Tenggara yang bernilai lebih dari $10 miliar. Pihaknya percaya diri memosisikan Social Bella sebagai pemimpin industri yang jelas di Indonesia lewat sejumlah pencapaian.

Di antaranya, platform Sociolla diklaim telah dikunjungi oleh jutaan pengunjung bulanan, didorong oleh kekuatan ekosistem, fokus konsumen, dan kemampuan teknologinya. Gerai omnichannel kini tersebar di 48 titik di 15 kota di Indonesia, bahkan sudah masuk ke Vietnam yang mencakup di 13 lokasi. Di negara tersebut, Social Bella memboyong produk lokal untuk ekspansi. Sejauh ini ada tiga brand, yakni Esqa, Avoskin, dan Carasun.

Selain itu, meluncurkan Lilla, unit bisnis yang berfokus pada pasar ibu dan bayi, mendapatkan daya tarik yang signifikan. Sama seperti Sociolla, Lilla juga mencapai tonggak sejarah terbaru melalui pembukaan toko fisik pertama di Indonesia yang berhasil mendapat respons positif dari pasar.

Selain Lilla, Social Bella telah bertransformasi dari awalnya platform e-commerce menjadi ekosistem terlengkap yang didukung dengan pilar bisnis lainnya. Yakni, aplikasi super SoCo, media kecantikan dan gaya hidup dengan layanan end-to-end O2O marketing Beauty Journal, dan Brand Development, sebuah layanan distributor produk kecantikan dan perawatan diri dari hulu ke hilir.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again