Teknologi chatbot mulai banyak diimplementasikan di berbagai lini bisnis. Kehadirannya dirasa mampu dan perlu untuk meningkatkan kualitas layananan. Salah satu chatbot yang diperkenalkan ke publik adalah Sofia. Chatbot yang diluncurkan Have Halal, Will Travel (HHWT) ini disiapkan untuk melayani pertanyaan pengguna terkait makanan halal, dan rencana-rencana wisata halal di berbagai negara.

HHWT merupakan sebuah platform yang memberikan konten rekomendasi untuk membantu wisatawan muslim ketika melakukan perjalanan di negara-negara yang belum pernah mereka kenali sehingga butuh panduan untuk mencari makanan halal.

HWHT sendiri mengembangkan Sofia di atas platform komputasi awan milik Microsoft, Microsoft Azure, dengan menggunakan teknologi Language Understanding Intelligence Services (LUIS). Chatbot ini didesain untuk bisa melayani pertanyaan dari para pengguna setiap harinya.

“Kami menciptakan Sofia, sederhananya karena orang-orang menanyakan kepada kami pertanyaan-pertanyaan yang kami rasa dapat dijawab dengan mudah melalui otomasi,” terang pendiri HHWT Mikhail Goh.

Selain mampu menjawab pertanyaan mealui Sofia kini di waktu bersamaan HHWT kini dapat menganalisa dan menjelaskan pertanyaan sehingga mampu memberikan konten-konten yang lebih disesuaikan dengan preferensi pribadi setiap pengguna sehingga diharapkan mampu melayani pengguna lebih baik.

Selain memanfaatkan kecanggihan yang ditawarkan Microsoft melalui Microsoft Azure dan API untuk QnA Maker, pihak HHWT juga berkerja sama dengan perusahaan teknologi PleoData.

Saat ini Sofia disebut memiliki kemampuan yang dikenal sebagai decision tree. Sebuah kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mempersempit jawaban yang mereka cari. Ke depannya pihak HHWT menjanjikan proses pencarian keputusan akan lebih sederhana dan lebih berdasarkan institusi, karena sistem akan secara otomatis menjawab pertanyaan dengan penjelasan yang mendalam tanpa perlu mencari klarifikasi lagi.

“Satu hal yang kami ingin tingkatkan untuk chat bot kami adalah sistem pencarian dan responnya, untuk memberikan pengertian ang lebih baik bagi kami mengenai apa yang orang-orang cari, dan dari situ respon yang lebih baik dan konten yang lebih baik juga,” terang Mikhail.

Application Information Will Show Up Here

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.