8 March 2016

by Glenn Kaonang

Kamera Saku Terbaru Sony Punya Lensa Zoom yang Amat Jauh dan Electronic Viewfinder

Semuanya dikemas dalam bodi mungil yang mudah disimpan di dalam saku kemeja

Sony baru saja meluncurkan kamera saku yang cukup menarik perhatian, yakni Cyber-shot DSC-HX80. Menarik karena ia merupakan kamera termungil yang dilengkapi dengan kemampuan optical zoom yang sangat jauh, tepatnya 30x atau 24 - 720 mm.

Lensa zoom ini dikemas dalam bodi yang amat ringkas, bahkan lebih kecil ketimbang lini RX100, menjadikannya mudah disimpan di dalam saku kemeja. Meski demikian, spesifikasi yang ditawarkan cukup wah jika dibandingkan rival-rivalnya yang seukuran.

Sony HX80 ditenagai oleh sensor Exmor R 18,2 megapixel dan prosesor BIONZ X yang akan memastikan kualitas gambar maupun video 1080p yang ditangkap tetap bagus di segala kondisi. Sony tidak lupa membekalinya dengan sistem image stabilization 5-axis supaya hasil jepretannya tidak mudah blur akibat genggaman pengguna yang kurang stabil.

Panel belakangnya didominasi oleh layar 3 inci beresolusi 921 ribu dot yang bisa diputar ke depan untuk keperluan selfie. Lebih menarik lagi, HX80 juga mengemas sebuah electronic viewfinder berpanel OLED dengan mekanisme pop-up seperti milik RX100. Menemani EVF tersebut adalah sebuah pop-up flash di bagian tengah panel atasnya.

Pengguna bisa meneruskan hasil jepretannya dengan mudah via Wi-Fi dan NFC. Kamera ini juga kompatibel dengan sejumlah aplikasi PlayMemories yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas kamera.

Sony akan mulai memasarkan HX80 pada bulan April mendatang. Harganya cukup terjangkau di angka $350.

Sumber: Sony.