16 January 2014

by Iqbal Farabi

Sony Rilis Xperia T2 Ultra dan Xperia E1

Setelah membuka tahun 2014 dengan merilis Xperia Z1 Compact di ajang CES 2014 lalu, Sony mulai memperkenalkan perangkat-perangkat mobile lain yang akan mengisi lineup Sony untuk tahun ini. Baru-baru ini Sony merilis dua perangkat baru yakni Xperia T2 Ultra yang merupakan perangkat berkategori layar besar, sementara Xperia E1 diluncurkan di kategori perangkat berlayar kecil. Seperti apa kedua perangkat ini? Simak laporan berikut.

Xperia T2 Ultra

Dari siaran pers yang kami terima, Xperia T2 Ultra memang ditargetkan untuk konsumen di negara-negara berkembang seperti Cina, Timur Tengah, Afrika dan Asia Pasifik. Poin penting yang bisa diambil dari target pasar ini adalah, Xperia T2 Ultra kemungkinan besar akan hadir dengan kelas harga menengah. Ini juga dikuatkan oleh pernyataan Calum MacDougall, direktur pemasaran Xperia, "Xperia T2 Ultra akan memimpin kategori lewat kombinasi teknologi terdepan dalam layar dan kamera, smartphone ini akan membawa hiburan layar besar dalam dimensi yang sangat portabel dan semuanya disajikan dalam harga yang kompetitif".

Untuk spesifikasi, Xperia T2 Ultra hadir dengan ukuran layar sebesar 6 inci dengan resolusi 720p Full HD yang dilengkapi dengan teknologi Triluminos dan Mobile Bravia Engine 2. Prosesor empat inti Snapdragon dengan kecepatan 1,4 GHz dan memori RAM sebesar 1 GB dibenamkan sebagai otak komputasi utama Xperia Ultra 2. Sementara untuk kamera, Xperia T2 Ultra dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera depan resolusi 1,1 MP. Terakhir, Xperia T2 Ultra dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 GB dan baterai berkapasitas 3000 mAh. Xperia T2 Ultra dirilis dalam dua versi yakni versi dual sim dan versi standar.

Xperia T2 Ultra juga dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak bawaan dari Sony. Perangkat yang berjalan di atas sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean ini terhubung dengan ekosistem konten-konten hiburan yang dimiliki Sony melalui aplikasi-aplikasi seperti Sony Entertainment Network dan Sony Music JIVE. Layanan Sony Music JIVE bahkan dikatakan menyediakan lebih dari 1.500.000 konten musik lokal dan internasional. Sony mengklaim bahwa lebih dari 50% pangsa musik Indonesia tersedia di Sony Music JIVE berkat kerjsamanya dengan Musica Studio dan Trinity Production.

[youtube id="XrBaCPSDk04" width="620" height="360"]

Xperia E1

Sebagaimana Xperia T2 Ultra, Xperia E1 juga ditujukan untuk pasar kelas harga menengah. Meski belum disebut secara spesifik berapa harga jual Xperia E1, Sony menyebutkan bahwa Xperia E1 masuk ke dalam perangkat unggulan 2013 dengan harga peluncuran kurang dari 175 euro versi Strategy Analytics.

Xperia E1 hadir dengan ukuran layar 4 inci dengan resolusi 800x480 piksel. Dengan spesifikasi prosesor dual core Qualcomm berkecepatan 1,2 GHz, memori RAM sebesar 512 MB, dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB, di atas kertas Xperia E1 dalam pandangan saya tidak terlalu menonjol dibandingkan perangkat-perangkat Android lain di kelas harga di bawah 3 jutaan. Selain spesifikasi standar tadi, Xperia E1 juga menawarkan nilai lebih berupa audio speaker 100 db yang bisa mengeluarkan suara yang nyaring dan tetap jernih.

Dari segi perangkat lunak, Xperia E1 juga dirilis dengan sistem operasi Android versi 4.3 Jelly Bean. Xperia E1 juga terhubung dengan ekosistem konten-konten hiburan yang dimiliki Sony. Sebagai tambahan, Sony juga memberikan akses berlangganan gratis ke jutaan konten lagu di Sony Entertainment Network selama 30 hari bagi semua pengguna Xperia E1.

[youtube id="rxt3Lvumvkc" width="620" height="360"]