Categories

Gadget

Sony Umumkan Kamera Cinema FX3, dengan Bodi Kecil dan Lebih Terjangkau

Kemampuan perekam video Sony FX3 mirip seperti Sony A7S III

Lukman Azis - 24 February 2021

Sony A7S III merupakan kamera mirrorless lini Alpha dari Sony yang paling kapabel untuk produksi video. Di atasnya, Sony masih punya lini kamera video Cinema yang meliputi Sony FX6, FX9, dan Venice. Baru-baru ini Sony mengumumkan satu lagi kamera Cinema yang sangat menarik bagi filmmaker dan content creator.

Adalah Sony FX3, posisi kamera ini berada di antara A7S III dan FX6, harganya jauh lebih terjangkau dari FX6 dan beda tipis dari A7S. Berbeda dengan para saudaranya yang memiliki desain kotak, FX3 punya bodi ringkas seperti lini kamera Alpha.

Sekilas desain Sony FX3 terlihat mirip seperti Sigma FP terutama bagian atas, bentuknya kotak persegi panjang. Namun membawa grip cukup besar, tanpa jendela bidik, dan punya LCD 3 inci 1,33 juta dot dengan mekanisme vari-angle.

Selain itu, atribut di tubuhnya sangat ramai. Total ada enam tombol yang bisa disesuaikan, tiga di atas, dua di belakang di samping LCD, dan satu di depan dekat dudukan Sony E-mount. Juga sudah memiliki enam sekrup tipe 1/4-20 UNC, tiga di atas, serta masing-masing satu di sisi kanan, kiri, dan bawah. Artinya kita tidak perlu lagi pakai cage dan praktis bisa memasang berbagai aksesori secara langsung.

Bicara bagian dalam dan kemampuannya, Sony FX3 membawa banyak sekali fitur dari Sony A7S III. Termasuk sensor full frame BSI-CMOS 12MP yang sama dengan prosesor gambar BIONZ XR. Kamera ini juga memiliki IBIS dan dapat merekam video UHD 4K 60p dengan seluruh penampang sensornya dan 4K 120fps dengan sedikit crop.

Pengaturan opsi bitrate, frame rate, dan format video yang ditawarkan juga identik dengan A7S III. Termasuk kemampuan mengambil gambar 10-bit 4:2:2 dalam format XAVC HS (H.265) atau XAVC S (H.264) secara internal. Juga mendukung output RAW 16-bit menggunakan external recorder lewat HDMI.

Sebagai informasi, di Indonesia Sony A7S III body only dibanderol Rp50.999.000 dan Rp92.999.000 untuk Sony FX6. Sementara, Sony FX3 dijual dengan harga US$3899 atau sekitar Rp54,8 jutaan dan rencananya akan tersedia secara global pada bulan Maret mendatang.

Sumber: DPreview

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter