Categories

Gadget

Sony Umumkan Lensa FE 24mm F1.4 G Master, Body Ringkas dengan Kontrol Lengkap

Lensa FE wide-angle dengan aperture besar dengan kontrol penuh

Lukman Azis - 19 October 2018

Lensa E 50mm f/1.8 OSS adalah lensa fix pertama yang saya gunakan, berpasangan dengan Sony Alpha A6000. Sampai sekarang pun saya masih menggunakan lensa fix, yaitu lensa FE 50mm f/1.8 di body Sony Alpha A7.

Kalau ditanya kenapa memilih lensa fix? Alasannya ialah karena memiliki aperture maksimum besar, yakni f/1.8 bahkan ada yang sampai f/1.4. Artinya, kita bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang mempesona dan tetap bisa memperoleh foto yang cerah di dalam ruangan atau dalam kondisi penerangan temaram.

Tantangannya ialah karena jarak fokal dari lensa ini tetap alias tidak bisa zoom, maka untuk mendapatkan komposisi yang kita inginkan harus repot bergerak maju atau mundur. Selain itu, aperture besar juga memiliki depth-of-field yang sangat sempit. Tetapi, semua itu terbayar karena rata-rata kualitas foto yang dihasilkan relatif lebih tajam.

Bicara soal lensa fix atau prime, Sony baru saja mengumumkan lensa FE 24mm f/1.4 G Master (model SEL24F14GM) di Indonesia. Lensa full framewide-angle dengan bukaan besar bagian dari lini lensa G Master series andalan Sony ini dibanderol Rp22.999.000.

Dengan ini, lensa native full frame E-mount kini berjumlah 30 dan totalnya menjadi 48 bila termasuk lensa E-mount APS-C. Nah di acara peluncuran lensa FE 24mm f/1.4 GM, saya berkesempatan mencobanya dengan body Sony Alpha A9 – kesannya sebagai berikut.

Body Ringkas dengan Kontrol Penuh

Sebelum bicara tentang teknologi di dalamnya, mari bahas bagian luarnya dulu. Salah satu kelebihan lensa fix ialah ukurannya yang ringkas dan lensa FE 24mm ini punya diameter filter 67mm, ukuran body 75,4mm x 92,4mm, dan bobot yang ringan – hanya 445 gram.

Hal yang saya suka ialah kontrol tambahan di body lensa. Biasanya desain lensa fix Sony sangat minimalis, hanya dijumpai ring untuk manual fokus. Namun pada lensa FE 24mm didapati aperture ring, aperture click switch, tuas AF ke MF atau sebaliknya, dan tombol focus hold – bagi saya semua itu cukup berarti untuk kontrol lebih cepat.

Desain Optikal Baru

Lensa FE 24mm f/1.4 GM ini menggunakan desain optikal baru,
yang mampu menangkap detail dengan resolusi tinggi pada seluruh frame, bahkan pada aperture f/1.4.

Lensa ini terdiri dari 10 kelompok berisi 13 elemen, termasuk dua elemen XA (extreme aspherical) dan tiga elemen ED (Extra-low-Dispersion) yang secara efektif menahan saggital flare agar titik sumber cahaya direproduksi secara akurat dan lapisan Nano Coating juga digunakan untuk mengurangi flare dan ghosting.

Selain itu, lensa ini memiliki jarak minimal fokus 24mm dan sebagai lensa wideangle – lensa ini juga serba guna untuk kebutuhan foto maupun video. Tentu saja, ideal untuk fotografi landscape, portrait, street, dan penikmat foto di malam hari.

Berikut ini sejumlah hasil foto menggunakan lensa lensa FE 24mm f/1.4 GM:

Bila Anda tertarik, keran pre-order lensa FE 24mm f/1.4 GM telah dibuka pada tanggal 19 hingga 28 Oktober 2018 dengan harga Rp22.999.000 di Blibli.com. Kemudian akan tersedia di gerai-gerai Sony pada tanggal 3 November 2018.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter