Categories

Berita

Sophos: Indonesia Termasuk Top 10 Penyebar Spam di Dunia

Amir Karimuddin - 1 November 2011

Di dalam daftar ini, negara-negara Asia lain yang juga masuk adalah Korea Selatan, India, Taiwan, dan Vietnam — semuanya termasuk negara-negara yang sedang sangat berkembang dalam penetrasi Internet dan infrastruktur Teknologi Informasi, di mana Korea Selatan adalah salah satu negara dengan penetrasi broadband terbesar di dunia. Di Q3 2010, Asia “hanya” bertanggung jawab terhadap 30% spam di dunia, tetapi di Q3 2011 ini, 50% spam berasal dari Asia.

Menurut Sophos, kebanyakan dari email spam ini didistribusikan menggunakan “botnet” — suatu “jaringan” yang terdiri dari komputer yang terinfeksi (zombie) yang dikontrol oleh spammer. Biasanya infeksi terjadi jika pengguna komputer mengklik tautan ataupun attachment yang terdapat dalam email spam — apalagi jika komputer korban ini tidak memiliki antivirus yang up-to-date.

Saya pribadi akhir-akhir ini makin sering menemukan email dari teman yang nampaknya telah ter-hack tanpa sepengetahuan si pemilik dan mengirimkan email spam berisi tautan-tautan yang berbahaya. Sayangnya kebanyakan dari mereka unaware dengan kondisi ini dan kita yang mendapatkan email seperti ini seharusnya pro-aktif untuk memberitahukan problem yang telah terjadi.

Di satu sisi, masuknya Indonesia ke daftar ini memang menunjukkan pengguna Internet di Indonesia semakin memahami soal Internet dan bahayanya — bahkan cenderung lebih ahli ketimbang pengguna Internet di negara lain, sayangnya pengetahuan tersebut tidak dimanfaatkan ke arah positif dan malah cenderung digunakan untuk hal yang tidak semestinya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter