StartupGadget

Apple Perkenalkan iPhone SE, Berlayar 4 Inci tapi dengan Spesifikasi Setara iPhone 6S

Didukung oleh chipset A9 dan kamera utama 12 megapixel yang sanggup merekam video 4K

Apa yang santer dirumorkan belakangan ini tidak meleset: Apple baru saja memperkenalkan smartphone baru berlayar 4 inci dengan nama iPhone SE. Hal ini cukup mengejutkan mengingat sudah hampir dua tahun sejak Apple move on dari ukuran tersebut dengan merilis iPhone 6.

Apple memang sudah move on, tapi ternyata konsumennya yang belum. Menurut Apple, tidak sedikit konsumen setianya yang meminta Tim Cook dkk untuk tidak meninggalkan ukuran 4 inci selamanya, dan lagi spesifikasi iPhone 5S sudah terlalu tua untuk ukuran tahun 2016.

Dari situlah iPhone SE terlahir ke dunia. Tidak ada konfirmasi mengenai kepanjangan namanya, tapi mungkin saja maksudnya "Special Edition" karena ia dirilis mengikuti permintaan khusus dari konsumen. iPhone SE pada dasarnya merupakan iPhone 6S dalam kemasan iPhone 5S; spesifikasinya sangat mirip, hanya saja layarnya lebih kecil dan tidak dilengkapi teknologi 3D Touch.

Meski fisik dan desainnya hampir sama seperti iPhone 5S, performanya meningkat drastis berkat pemakaian chipset A9 yang ditemani oleh co-processor M9. Apple bahkan tak segan menyebutnya sebagai smartphone berlayar 4 inci paling perkasa sejagat. Pun begitu, daya tahan baterainya diklaim lebih awet ketimbang iPhone 5S, dan ia sudah mendukung fitur "Hey Siri" dan Apple Pay.

Resolusi layarnya tidak berubah, masih di angka 1136 x 640 pixel. Namun sektor kameranya telah dirombak total, kini mengemas sensor 12 megapixel dengan kemampuan merekam video 4K dan dukungan Live Photo. Untuk keperluan selfie, iPhone SE mengandalkan kamera depan 1,2 megapixel dengan fitur Retina Flash.

Poin menarik dari iPhone SE adalah harganya. Apple akan mulai memasarkannya di sejumlah negara pada 31 Maret seharga $399 untuk model 16 GB dan $499 untuk model 64 GB – lebih murah daripada iPhone 6, padahal spesifikasinya setara iPhone 6S. Belum ada informasi mengenai kapan ia akan masuk ke tanah air, namun Apple menyebutkan bahwa ia bakal tersedia di sekitar 110 negara pada akhir Mei mendatang. Semoga saja Indonesia termasuk salah satunya.

Apple Watch turun harga

Di saat yang sama, Apple juga memutuskan untuk memangkas harga smartwatch andalannya dari $349 menjadi $299. Tak hanya itu, Apple juga memperkenalkan sederet strap baru dari bahan nilon (gambar kiri) ala jam tangan yang populer di tahun 60-an.

Kalaupun nilon bukan selera Anda, masih ada warna-warna baru yang ditawarkan untuk strap berbahan silikon maupun kulit buat Apple Watch. Namun yang sepertinya paling memikat adalah strap Milanese Loop berwarna hitam legam yang akan tampak sangat elegan ketika dipasangkan bersama Apple Watch dengan casestainless steel hitam.

Sumber: Apple dan TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again