Categories

Gadget

Resmi Diumumkan, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 mulai ditawarkan dalam fase pre-order yang akan dimulai hari ini

Bambang Winarso - 3 August 2016

Samsung secara resmi mengumumkan phablet generasi terbarunya, Galaxy Note 7 ke publik. Berbekal layar 5,7 inci dan sejumlah warisan Galaxy S7 dan Note 5, Note 7 mengakhiri serangkaian rumor yang sudah sejak beberapa bulan terakhir menghiasai berbagai headline. Lewat acara akbar yang digelar di New York, Samsung membeberkan banyak hal terkait sang phablet.

Desain

Kejutan yang pertama dan paling mudah dilihat adalah desain layar melengkung di kedua sisi Galaxy Note 7. Dan meski begitu, ini bukan varian Edge dan juga bukan Galaxy Note 6 yang sebelumnya dipercaya bakal meneruskan kiprah Note 5. Dari luar, Galaxy Note 7 punya tampang yang hampir mirip dengan Samsung Galaxy S7 Edge, tapi dengan layar yang lebih besar.

Galaxy Note 7 dalam balutan warna Silver

Di depan, perangkat dibalut layar Super AMOLED dengan resolusi QHD seperti yang banyak pengamat duga. Segala keunggulan layar di S7 Edge digabungkan dalam wujud layar yang lebih lega. Note 7 tersedia dalam beberapa polesan warna, mulai dari silver, gold, black dan blue coral dengan sentuhan trim berwarna emas. Dimensinya di 153.5 x 73.9 x 7.9 mm dengan bobot 168g, yang terbilang ringan untuk perangkat dengan ukuran yang serba lebih.

Samsung Galaxy Note 7 warna hitam

Jeroan

Soal prosesor, Samsung masih menerapkan perbedaan komponen untuk pasar yang berbeda. Untuk kawasan Amerika Utara dan Eropa, Samsung membekali Note 7 dengan chipset Snapdragon 820. Sementara untuk kawasan Asia dan markas sendiri, Samsung lebih memilih Exynos 8990 buatan sendiri. Keduanya sama-sama ditopang RAM 4GB dan memori internal seluas 64GB. Kabar baiknya, Note 7 menawarkan apa yang tak dimilik oleh Note 5, yakni slot microSD yang mampu melahap memori tambahan hingga 256GB.

Kamera

Beranjak ke elemen yang tak kalah penting, kamera. Samsung mengulang cerita yang sebelumnya ada di Galaxy Note 5. Telah lama kita ketahui generasi Galaxy Note tak menawarkan kemampuan kamera yang istimewa. Nyatanya, Note 7 mengadopsi kamera yang dipunyai S7, berupa kamera 12MP untuk bagian belakang dan 5MP di depan. Sebagai hiburan, Samsung meningkatkan komponen sensor dengan ukuran yang lebih besar, pixel yang lebih besar, aperture yang lebih luas dan fokus yang lebih baik. Note 7 juga punya fitur PDAF guna memberikan pengalaman fotografi yang lebih oke.

Baterai

Di atas kertas, baterai Galaxy Note 7 tertulis 3.500mAh. Kapasitas ini lebih besar ketimbang Galaxy S7 sebesar 3.000mAh. Meski tak sejalan dengan rumor, Galaxy Note 7 tetap menjanjikan daya tahan yang baik dengan mengandalkan piranti lunak penghemat baterai dan optimalisasi hardware.

Samsung juga membenamkan fitur Always On seperti yang disuguhkan oleh Galaxy S7. Kehadiran fitur ini membantu pengguna memperoleh efisiensi daya ketika perangkat dalam posisi tidak aktif.

Sistem Operasi

Kemasan interface yang disajikan Note 7 diklaim menawarkan berbagai rombakan, menyuguhkan tatap muka pengguna yang lebih rapi dan modern. Sayangnya, custom UI ini masih berbasiskan pada Android 6.0.1 Marsmallow, bukan Android 7.0 Nougat seperti yang diharapkan banyak orang. Besar kemungkinan Note 7 bakal menerima update OS tersebut di masa mendatang, namun mengingat Samsung terbilang lambat untuk urusan update OS, jadi mungkin realisasinya bakal memakan waktu yang lama.

Interface baru di Galaxy Note 7

Pemindai Iris

Fitur baru yang menggembirakan adalah hadirnya pemindai iris yang membantu meningkatkan keamanan dan pembayaran cepat melalui Samsung Pay. Meski disebut menerapkan banyak aturan, namun pemindai Iris mampu bekerja dengan cepat saat dijalankan. Tambahan lain, Note 7 juga memperoleh kemampuan untuk menangkal air dan debu, bahkan S Pen diklaim dapat bekerja saat layar dalam kondisi basah.

https://www.youtube.com/watch?v=a0a6Y9JvPqo

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy Note 7 akan memasuki fase pre-order mulai 3 Agustus 2016. Rilis resminya baru akan dilakukan pada tanggal 19 Agustus di sejumlah operator. Belum ada harga resmi dari Samsung, namun di Inggris, pre-ordernya dibuka mulai dari £749 atau $998. Sementara itu Theverge menyebut rentang harga $770 dan $800.

Samsung Galaxy Note 5 Vs Galaxy Note 7

Meski masih mewarisi beberapa fitur pendahulunya, Galaxy Note 7 menawarkan peningkatan yang bukan hanya sebatas basa-basi. Samsung memberikan infografis perbedaan antara keduanya seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.

Infografis perbedaan antara Galaxy Note 5 dan Note 7

Sumber berita Samsung dan News.Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter