Categories

Gadget

Mengusung Desain Modular Unik, LG G5 Resmi Diperkenalkan

LG G5 menjadi smartphone flagship pertama yang mengusung konsep modular

Bambang Winarso - 22 February 2016

Seperti yang sudah diperkirakan, di gelaran MWC 2016 LG akhirnya resmi mengungkap smartphoneflagship terbarunya, G5. Hari ini pertanyaan yang menggelayut di benak Anda bakal terjawab. Tetapi lebih dari itu, kejutan yang diberikan LG G5 mungkin melebihi apa yang banyak orang harapkan. Pasalnya jagoan baru LG ini mengusung desain konsep modular keren dengan balutan body metal dan segudang fitur baru yang mengesankan.

Desain dan Layar

Dari apa yang tersaji, yap LG G5 terlihat mirip dengan Nexus 6P tetapi itu bukan sesuatu yang harus diperdebatkan, LG G5 masih tampak indah dipandang dengan material utama terbuat dari metal dan kaca. Desain semi-modular yang dibawa terlihat kokoh tapi tetap rapi dan minimalis, tepian yang lebih melengkung dan balutan garis desain datar dari tepi ke bagian belakang perangkat. Namun, tombol power masih diposisikan di belakang yang diintegrasikan dengan sensor pemindai sidik jari. LG G5 tersedia dalam balutan warna Silver, Gray, Pink, dan Gold. Konsep desain Slide-out baterry juga menjadi sentuhan paling menarik di G5 ini.

Sayangnya LG G5 mempunyai spek layar yang sedikit lebih kecil dari pendahulunya, hanya 5,3 inci berbanding 5,5 inci di G4. Pun begitu perangkat punya kualitas visual yang sangat  baik, dengan resolusi quad HD 2560 x 1440 piksel, dirancang dari panel IPS-LCD. Di bagian ini LG menanamkan juga fitur Always On dan Dayligh Mode untuk kemudahan akses di luar ruangan.

https://www.youtube.com/watch?v=anyW8UY9ELg

Jeroan LG G5

Tak sulit menerka chipset apa yang bakal diusung oleh LG G5, seperti kebanyakan flagship yang diungkap di MWC 2016, LG G juga membawa chipset terbaru Quacomm, Snapdragon 820, grafis Adreno 530 dan RAM 4GB serta memori internal seluas 32GB. Kombinasi apik ini tidak hanya hebat di atas kertas, menurut klaim Qualcomm, grafisnya saja menghasilkan kecepatan 40% lebih baik dan memangkas 40% daya yang terpakai dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara chipset Snapdragon 820 menawarkan pengisian ulang yang lebih cepat, performa lebih garang tapi tetap efisien.

Kamera

Meneruskan tradisinya sebagai perangkat yang punya kamera berkualitas, LG membenamkan dua buah kamera beresolusi tinggi di bagian belakang. Dua kamera yang ada di bagian belakang smartphone tersebut masing-masing memiliki lensa 16 MP dan 8 MP. Sensor 16 MP memiliki lensa standar 78 derajat, sementara yang 8 MP memiliki lensa wide-angle 135 derajat. Kemudian di depan disematkan kamera 8MP untuk keperluan selfie dan panggilan video. Belum selesai, LG juga membenamkan sejumlah efek, seperti Pop-out Picture, Film dan Auto shot.

Selain dukungan baterai 2.800mAh di belakang, LG G5 juga dipersenjatai beberapa fitur tambahan seperti USB tipe C, NFC, Bluetooth 4.2, dan 4G LTE pastinya.

Konsep semi modular yang diusung LG G5 membuatnya menjadi smartphone flagship pertama yang dikomersilkan, dengan demikian LG G5 tidak akan mengarungi kerasnya persaingan smartphone seorang diri. Akan ada sejumlah teman sebagai pasangannya yang terdiri dari modul eksternal yang bisa dipasangkan lalu dikendalikan dari ponsel ataupun bekerja secara mandiri.

Bagi penggila musik, LG menawarkan audio player portabel Hi-Fi DAC yang menyuguhkan kualitas audio definisi tinggi. Tambahan modul ini dijamin bakal memuaskan dahaga Anda akan dentuman musik sambil bepergian dengan LG G5.

LG juga menawarkan pasangan LG 360 VR, headset virtual reality yang kompatible dengan konten Google Cardboard. Terakhir, LG juga mengumumkan Rolling Bot. Sebuah perangkat berbentuk bola yang dilengkapi dengan kamera 8MP dan difungsikan sebagai alat pemantau rumah.

Harga dan Ketersediaan

Sayangnya saat ini belum ada informasi resmi soal harga dan ketersediaan LG G5 beserta teman-temannya. Namun dikutip dari sejumlah sumber, LG G5 diperkirakan bakal ditawarkan di level harga antara $650 hingga $700 dan bakal tersedia dalam waktu dekat.

Tapi buat sobat di tanah air yang sudah mengincar smartphone keren ini, berdasarkan bocoran dari orang yang dekat dengan perangkat, LG G5 bakal hadir di Indonesia sekitar bulan April atau Mei. Kabarnya akan ada 5 perangkat yang bakal hadir di Indonesia sekaligus. Sepertinya LG tampil allout tahun 2016 ini, awas Samsung!

Sumber berita LGnewsroom dan LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter