Categories

Berita

Square Enix Bekerjasama Dengan Agate Studio Rilis Game Baru Sengoku Ixa

Avi Tejo Bhaskoro - 27 June 2013

Geliat Square Enix di dalam industri game Indonesia seakan tak ada hentinya. Setelah beberapa waktu lalu Square Enix mengumumkan telah membuka studio mobile game di Indonesia dengan mengusung nama Smileworks, pengembang game raksasa asal Jepang tersebut belum lama ini mengumumkan kerjasamanya dengan studio game terkemuka Indonesia asal Bandung, Agate Studio. Kerjasama ini menghasilkan game terbaru besutan kedua studio game tersebut yaitu Sengoku Ixa.

Seperti yang diberitakan oleh situs warta Detik, Agate yang telah merilis banyak judul game populer di Indonesia menyatakan kegembiraannya bekerjasama dengan Square Enix yang terkenal dengan game legendarisnya Final Fantasy. "Kerjasama dengan Square Enix ini merupakan kepercayaan besar bagi Agate Studio dan kesempatan yang luar biasa. Kami belajar banyak hal dari kerjasama ini mengenai proses pengembangan maupun penerbitan game dengan standar internasional," ujar Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio.

Kerjasama antar dua studio game terkemuka ini seperti yang sudah kami beritahukan di atas menghasilkan rilisan game terbaru untuk Indonesia yang berjudul Sengoku Ixa. Game online simulasi perang ini sebelumnya telah sangat populer di negeri asalnya, Jepang, dengan jumlah pemain yang mencapai 1,1 juta.

Sengoku Ixa sendiri merupakan game simulasi perang berbasis web dengan mengusung tema perang sipil di Jepang yang dipenuhi dengan intrik politik dan kekuatan militer yang merajalela, zaman itu dinamai dengan zaman Sengoku. Tokoh-tokoh yang dimunculkan pun dinamakan sesuai dengan tokoh pada kisah sejarah tersebut, seperti Oda Nobunaga, Tokugawa Ieyasu, Date Masamune, serta tokoh-tokoh lainnya yang berada pada zaman Sengoku tersebut.

Menurut sumber, Sengoku Ixa dalam waktu dekat akan memasuki tahap “Closed Beta”, di mana pada tahap ini gamer secara luas dapat mencoba game ini dimulai sejak tanggal 1 Juli 2013. "Kami berharap Sengoku Ixa dapat mendorong lebih banyak lagi kolaborasi sinergis antara perusahaan game berskala internasional dengan perusahaan game di Indonesia," tutur Arief Widhiyasa.

Geliat Square Enix di Indonesia yang tak terbendung belakangan ini, semakin memunculkan gambaran bahwasanya industri game di Indonesia saat ini sedang dilirik oleh para pelaku industri game kelas dunia, dalam hal ini Square Enix. Mengingat jumlah penduduk Indonesia merupakan peringkat ke-4 terbanyak di seluruh dunia, tak heran jika industri game di Indonesia seharusnya dapat makmur dan bersaing dengan pelaku industri game lainnya secara global. Dengan masuknya Square Enix ke Indonesia, diharapkan juga tak menutup kemungkinan jika studio-studio game raksasa lainnya juga akan masuk ke industri game Indonesia dengan tujuan yang pasti memajukan industri game lokal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter