Categories

Berita

Square Enix “Buka” Cabang di Indonesia, Luncurkan Smileworks Sebagai Studio Game Mobile

Avi Tejo Bhaskoro - 19 June 2013

Industri game di Indonesia kedatangan salah satu pemain besar dari industri game dunia, Square Enix. Studio game yang terkenal mengembangkan judul game populer Final Fantasy ini baru saja meluncurkan mobile studio game di Indonesia dengan mengusung nama Smileworks. Studio game ini dikembangkan untuk platform mobile seperti iOS, Android, Windows Phone dan juga platform Symbian.

Square Enix yang beberapa bulan lalu sempat menyambangi kampus ITB, baru saja mengumumkan telah meluncurkan Smileworks – sebuah studio mobile game terbaru yang seluruh kegiatan operasionalnya berbasis di Indonesia. Menurut press release yang kami terima, Smileworks akan memfokuskan pengembangannya dalam game mobile multiplatform yang diisi dengan berbagai game dengan genre yang beragam dan tentunya memiliki karakteristik yang sangat khas a la game-game Square Enix.

Smileworks dinaungi oleh PT. Square Enix Smileworks dibawahi oleh tiga perusahaan teknologi besar di Jepang yang dua diantaranya bergerak di bidang game yaitu Square Enix Holding Co., LTD, Gotanda Denshi Co., LTD, dan juga Smile-Lab Co., LTD. Saat ini, Smileworks “baru” memiliki staff yang berjumlah 23 orang, tiga di antaranya merupakan tenaga kerja yang didatangkan langsung dari Jepang serta sisanya merupakan staff yang berasal dari Indonesia.

Menurut Hiroaki Kanamaru, CEO PT. Square Enix Smileworks, Smileworks menargetkan untuk membuat konten original yang akan membantu pengembangan industri game di Indonesia. Dirinya juga menambahkan, alasan Square Enix beserta dua perusahaan besar lainnya memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia dikarenakan melihat sumber daya Indonesia yang dinilai mampu bersaing di kancah internasional. Dengan begitu diharapkan nantinya Smileworks dapat menghasilkan karya yang dapat diapresiasi baik secara lokal di Indonesia maupun secara Internasional.

Berkaitan dengan peluncuran Smileworks pada 12 Juni lalu, Hiroaki juga secara optimis menyampaikan target-target yang ingin dicapai dalam beberapa waktu mendatang. Smileworks diproyeksikan mampu mengembangkan original game dari indonesia dan menyebarkannya ke rakyat Asia Tenggara dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu development base yang berpengaruh di masa depan.

Pada kunjungannya ke ITB pada bulan Februari, Square Enix sempat mengutarakan akan perkembangan industri mobile di Indonesia yang dinilai sangat pesat perkembangannya. ”Pasar mobile di Indonesia sangat besar. Dan berkembang pesat. Saya perhatikan, hampir semua orang di sini memiliki ponsel,” jelas Sachiko Takahashi, Senior Manager of Business Development and Corporate Planning Square Enix. Melihat potensi yang begitu menggiurkan tersebut, maka tak salah jika Square Enix memilih Indonesia sebagai base development dari pengembangan mobile game di seluruh dunia.

Hingga tulisan ini diturunkan Smileworks rencananya akan segera merilis judul game baru yang berjudul Nirvaana Genesis. Namun sayangnya, informasi terkait mengenai game ini serta rilisan berikutnya nampaknya masih ditutup rapat-rapat oleh pihak Smileworks maupun dari Square Enix sendiri. Kita tunggu saja update berikutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter