Berita

Sribu.com: Media Antara Klien dan Desainer

Beberapa waktu yang lalu, saudara saya mengikuti sebuah kontes desain grafis yang diadakan disebuah situs lokal. Setelah saya cermati ternyata situs tersebut bernama Sribu.com. Menurut penjelasan di situs resmi mereka, tujuan dari Sribu.com adalah membuat sebuah komunitas antara para desainer melalui kontes dan pembuatan desain. Lebih tepat dan jelasnya adalah sebuah media untuk mempertemukan antara klien yang membutuhkan desain (contest holder) dan desainer.

Konsepnya memang sangat unik, bisa dibilang sedikit mirip dengan GantiBaju.com tetapi lebih cenderung ke kontes desain, kalau GantiBaju.com lebih ke kontes dan penjualan t-shirt-nya, tetapi untuk Sribu.com hanya ke kontesnya saja. Sribu.com ini lebih tepat jika diperbandingkan (memiliki layanan yang mirip) dengan dari 99designs.com.

Ketika kita mengakses Sribu.com, pada halaman utama akan diberi dua pilihan yaitu sebagai contest holder atau sebagai desainer. Dari segi UX maupun UI cukup menarik dan simple, mudah dimengerti untuk para pengunjung yang pertama kali mencoba layanan ini baik itu dari para contest holder maupun para desainer.

Pertama-tama saya mencoba menjelajah situs ini sebagai klien (contest holder). Ya, disini para klien dimudahkan untuk mencari para desainer dengan memberikan berbagai macam kontes desain yang dibutuhkan untuk perusahaan mereka (misal: logo). Info resmi dari situs tersebut tujuannya adalah memberikan sarana bagi yang membutuhkan berbagai desain yang beraneka ragam dan menarik yang dibuatkan oleh komunitas desainer Sribu.

Setelah memilih kategori desain yang ingin dikonteskan, klien diharuskan memberi diskripsi secara jelas tentang desain yang mereka inginkan sehingga desain dari para desainer yang mengikuti kontes mereka tetap sesuai keinginan mereka. Kemudian klien diharuskan memilih paket hadiah (nominal uang) yang nantinya akan diberikan kepada pemenang. Ada beberapa paket yang harus dipilih klien yaitu Bronze (Rp 1.500.000,-), Silver (Rp 3.000.000,-), Gold (Rp 5.000.000,-), dan Other (pengisian nominal tergantung dari klien). Tentunya semakin banyak hadiah yang ditawarkan, maka akan membuka peluang untuk semakin banyak desain yang didapatkan klien sebagai contest holder. Dan 20% dari hadiah yang diberikan akan digunakan Sribu.com untuk biaya marketing, pengembangan website, dan event public relationship. Bussines plan yang cukup menarik.

Setelah klien memilih paket dan mengklik tombol kontes, maka selanjutnya akan menuju halaman receipt, nominal yang harus dibayar oleh klien. Kontes akan disetujui dan dijalankan setelah pembayaran diterima. Kontes akan berjalan selama seminggu, timer countdown akan dijalankan setelah kontes disetujui. Setelah kontes berakhir, maka klien sebagai contest holder akan menunjuk pemenang kontes dengan menandakan ikon pemenang pada desain pemenang. Jika tidak ada pemenang, maka refund 95% ke klien sebagai contest holder.

Ketika menuju halaman khusus untuk desainer, akan diarahkan ke halaman tata cara mengikuti kontes desain di Sribu.com. Setelah mengklik gambar tata cara kontes, peserta kontes (desainer) akan diarahkan ke halaman kontes yang sedang berjalan. Para peserta kontes dapat melihat detail kontes yang sedang berjalan, berbincang-bincang dengan contest holder dan desainer lainnya, dan mengirimkan karya (desain) untuk kontes yang sedang berjalan maksimal 5 buah karya. Setelah kontes berakhir, maka contest holder (klien) akan memilih pemenang yang karyanya akan diambil.

Beberapa kalangan desainer masih ragu Hak Kekayaan Intelektual ide dan karya mereka tidak akan aman dalam mengikuti kontes terbuka seperti ini, namun beberapa kalangan desainer cukup menerima kontes terbuka seperti ini. Walaupun Sribu.com hanya sebagai jembatan antara klien (contest holder) dan designer untuk bertemu, namun tentunya akan menjadi fasilitas yang menarik jika ada permasalahan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual atau biasa disebut HAKI, Sribu.com bisa membantu. Paling tidak bisa melacak atau memblok pelaku pembajakan di situs mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again