Categories

Game

Blizzard Perkenalkan Mod Berbayar untuk StarCraft 2

Anda kini bisa memainkan StarCraft 2 dalam bentuk turn-based RPG, dan masih banyak lagi

Glenn Kaonang - 26 April 2018

Selain Bethesda dan Valve, Blizzard merupakan developer game favorit komunitas modder. Mod untuk salah satu game-nya terbukti telah berevolusi menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia. Apalagi kalau bukan Dota, yang awalnya hanya berupa mod custom map untuk Warcraft III.

Sekarang, Blizzard ingin mencoba mengulang cerita sukses itu dengan StarCraft 2. Sejak dirilis di tahun 2010, StarCraft 2 memang sudah punya fitur map editor, di mana pemain bebas menciptakan custom map dengan gameplay yang bervariasi (pada dasarnya modding). Namun baru hari ini mereka bisa mendapat untung dari hasil karyanya tersebut.

Mod berbayar ini bisa dibeli oleh pemain lewat seksi Arcade. Pada perilisan awalnya, akan ada dua mod premium dari dua kreator yang berbeda: ARK Star bikinan Daniel "Pirate" Altman dan Direct Strike bikinan Tya. Keduanya sama-sama dibanderol $5, dan sebagian dari hasil penjualannya akan masuk ke kantong masing-masing modder.

Di antara keduanya, Direct Strike mungkin bakal lebih populer karena merupakan versi lebih sempurna dari Direct Strike HotS, yang merupakan salah satu custom map terpopuler StarCraft 2. Kendati demikian, ARK Star jauh lebih menarik di mata saya pribadi.

Pasalnya, dalam ARK Star kita tak lagi bermain game RTS, melainkan turn-based RPG ala dua seri Fallout yang pertama. Leveling tentu saja menjadi elemen gameplay yang utama, begitu juga dengan skill tree dan equipment, termasuk halnya crafting.

Kalau melihat cuplikan videonya, ARK Star terasa seperti game yang benar-benar baru, hanya saja kebetulan berada dalam dunia StarCraft. Mod inovatif semacam ini pada dasarnya bisa menarik perhatian pemain StarCraft yang sudah lama meninggalkan game tersebut, entah karena bosan atau kepincut game lain.

Blizzard sebenarnya sudah punya rencana untuk menerapkan sistem mod berbayar untuk StarCraft 2 bahkan sebelum game-nya dirilis. Sekarang semuanya sudah bisa dinikmati lewat Patch 4.3.0.

Sumber: Eurogamer dan StarCraft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter