24 April 2014

by Yoga Wisesa

Start Menu 'Sejati' Akan Kembali Hadir di Windows 8 Bulan Agustus Nanti

Saat Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggatikan Start Menu dengan UI Live Tiles, beberapa orang menganggapnya sebagai hal yang berani. Mau bagaimana pun, Start Menu adalah identitas sistem operasi terlaris di dunia ini. Setelah pro dan kontra Live Tile, Start Menu rencananya akan kembali hadir beberapa bulan lagi melalui update terbaru.

Presentasi di awal bulan ini yang dibawakan oleh Terry Myerson, kepala dari pengembangan software Xbox dan Windows, memperlihatkan sebuah versi prototype update Windows 8 terbaru.

Dari apa yang terlihat, tampilan tersebut merupakan kombinasi antara penyajian Windows 7 yang sederhana dan begitu dicintai dengan Live Tiles yang menawarkan akses lengkap ke informasi dan aplikasi.

 

Info menarik: Rangkuman Fitur Baru yang Dibawa WordPress 3.9 ‘Smith’

 

Microsoft berencana untuk memberikan update bagi seluruh pengguna Windows 8.1 dimana Start Menu 'sejati' akhirnya akan kembali dalam sistem operasi legendaris ini. Start Menu ini bukan sekedar fungsi semu logo Windows 8.1 di pojok kiri bawah tanpa akses ke aplikasi dan software.

Di sana Anda akan menemukan semua hal yang familiar tentang Start Menu: Control Panel, shortcut ke Decuments, Pictures dan berbagai jenis aplikasi. Tapi identitas 'modern' Windows 8 juga tidak hilang sepenuhnya, di bagian Start Menu terdapat tampilan tile Metro yang interaktif dan dapat dikustomisasi.

Update ini ialah yang kedua setelah update Windows 8.1 pada tanggal 8 April lalu. Dibandingkan sebelumnya, kembalinya Start Menu merupakan salah satu perombakan terbesar pada desain awal Windows 8, setelah patch 8.1 dirilis tujuh bulan lalu. Dan saya penasaran mengapa Microsoft tidak sekalian menyebutnya dengan update Windows 8.2? Apalagi kembalinya Start Menu rencananya dilakukan di bulan yang sama seperti perilisan Windows 8.1 pada para produsen hardware, yaitu Agustus 2014.

 

Info menarik: BlackBerry Classic (Alias BB Q20) Akan Rilis Bulan November

 

Berdasarkan analisa para ahli, Microsoft tampaknya mempercepat proses rilis update baru tersebut karena beberapa alasan. Yang pertama tentu mereka mencoba memberantas masalah-masalah yang ada di dalam sistem operasi anyar ini. Tapi ternyata Microsoft juga sedang mendapatkan tekanan dari kompetitor seperti Android dan iOS yang juga mengenalkan fitur dan perubahan baru.

Dan sepertinya Microsoft tetap berpegang pada visi mereka untuk menggabungkan Windows Phone dengan Windows RT untuk menciptakan sistem operasi tunggal yang berjalan di perangkat keras berbasis ARM.

Tentu saja mempercepat update Windows ialah langkah positif yang Microsoft lakukan, apalagi rumornya Windows 9 dengan codenameThreshold akan diluncurkan secara resmi bulan April tahun 2015. Microsoft diharapkan untuk menyelesaikan segala bentuk masalah dalam Windows 8 sebelum memperkenalkan sistem operasi baru lagi.

Sumber The Verge. Gambar: The RegisterGambar ilustrasi header Windows via Shutterstock.