1. Startup

Startup FaaS Finfra Raih Pendanaan Awal 15 Miliar Rupiah

Partisipasi dari DS/X Ventures, Seedstars International Ventures, Cento Ventures, Fintech Nation, FirstPick, BADideas Fund, serta Hustle Fund

Startup fintech-as-a-service (FaaS) Finfra telah menutup pendanaan tahap awal sebesar $1 juta (lebih dari 14,8 miliar Rupiah). Putaran ini datang dari partisipasi berbagai investor, di antaranya DS/X Ventures, Seedstars International Ventures, Cento Ventures, Fintech Nation, FirstPick, BADideas Fund, dan Hustle Fund.

Dana segar tersebut akan digunakan perusahaan untuk pengembangan produk dan menggandakan tim engineer, data, dan keuangan. Finfra yang tumbuh dari penyedia solusi layanan keuangan konsumen Danabijak, akan terus beroperasi sebagai anak perusahaan Finfra.

Mengutip dari TechCrunch, Co-Founder dan CEO Finfra Markus Prommik menyampaikan bahwa Finfra adalah agnostik industri, tetapi berfokus pada platform rantai pasokan digital, agritech, dan platform e-commerce merchant. Finfra menyediakan sistem manajemen pinjaman sehingga bisnis dapat menawarkan kredit kepada klien melalui platform mereka.

Cara Finfra yang paling populer digunakan adalah oleh bisnis yang ingin menambahkan invoice financing atau solusi pembiayaan purchasing. Target penggunanya adalah B2B, tetapi juga dapat digunakan untuk aplikasi B2C.

Prommik menggambarkan Finfra sebagai "toko serba ada untuk meluncurkan dan menskalakan layanan pinjaman tanpa label". Maksudnya, klien tak perlu menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan teknologi dan infrastruktur hingga waktu hingga lima tahun untuk memperoleh lisensi dan membangun tim. Dengan menggunakan API Finfra, mereka dapat menghadirkan embedded finance dalam beberapa minggu.

"Proposisi nilai utama Finfra adalah kendali atas pengalaman pelanggan, dengan mengintegrasikan kontrol risiko dan data dari platform klien sehingga mereka dapat memberikan kredit yang terjangkau tanpa mengambil terlalu banyak risiko. Finfra juga memiliki analitik portofolio untuk membantu klien memantau kinerja dan KPI produk pinjamannya," terangnya.

Menurut dia, pembeda Finfra dari platform embedded finance lainnya dalam pembayaran, data, dan infrastruktur adalah mereka tidak menawarkan kredit meski ini adalah layanan keuangan yang paling diminati. Alih-alih melihat mereka sebagai pesaing, Finfra memandang platform tersebut sebagai sekutu yang potensial.

Satu hal yang diyakini Finfra adalah berpartisipasi mendorong pertumbuhan inklusi keuangan yang dicanangkan OJK sebesar 90% pada 2024, naik dari 75% pada 2019. Meskipun platform online di Indonesia tumbuh, banyak orang dan usaha kecil yang tidak memiliki akses kredit dari institusi keuangan tradisional, seperti bank dan lembaga keuangan lainnya, dan malah mengandalkan pembiayaan alternatif, termasuk embedded finance.

General Partner Seedstars International Ventures Patricia Sosrodjojo menyampaikan pernyataannya, "kami telah melihat inisiatif serupa berhasil di pasar negara berkembang di mana UMKM menghadapi rintangan yang signifikan untuk mengakses modal. Pendekatan Finfra tidak hanya sejalan dengan tujuan pembangunan ekonomi nasional, tetapi juga memiliki posisi yang baik untuk menghadapi tantangan pasar yang berkembang pesat ini."

Prospek embedded finance

Dalam wawancara sebelumnya, Prommik menerangkan dari Research and Markets di Asia Pasifik, pangsa pasar embedded finance diperkirakan mencapai $358 miliar pada 2029, dengan proyeksi CAGR 24,4% pada 2022-2029. "Embedded lending diharapkan menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat, dan kami berencana untuk menjadi yang terdepan."

Meski Finfra baru dirilis pada Mei 2022, Prommik mengungkap kontribusi bisnisnya terhadap keseluruhan (digabung dengan Danabijak) sudah menyamai posisi, alias 50:50 pada kuartal I 2023. Prospek yang cerah untuk solusi FaaS ini membuatnya ia meyakini kontribusinya bahkan bisa menyaingi Danabijak, dengan prediksi 70%-80% dari total volume bisnis sampai akhir tahun ini.

Hingga kini, Finfra telah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan lintas industri, kebanyakan bergerak di industri logistik, pendukung UMKM, dan platform e-commerce untuk merchant. Salah satu kliennya adalah CareNow, startup yang mengembangkan platform teknologi solusi bisnis untuk layanan medis.

More Coverage:

CareNow memanfaatkan solusi FaaS ini untuk menyediakan alternatif pembayaran tagihan kesehatan dengan metode cicilan. Solusi ini membantu dua sisi, baik dari pasien maupun rumah sakit. Bagi rumah sakit, mereka bisa memberi akses pembiayaan untuk membeli peralatan, perlengkapan, dan membantu arus kas. Tentu saja dari pasien, bisa diringankan beban mereka saat berobat dengan mencicil tagihan.

-

Disclosure: DS/X Ventures merupakan bagian dari grup DailySocial.id 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again