Categories

Interview

Rencana Startup Healthtech Zenyum Ekspansi ke Indonesia

Telah mendapatkan pendanaan seri A senilai US$13,6 juta dari RTP Global, Sequoia India, TNB Aura, SEEDS Capital, dan beberapa investor lainnya

Yenny Yusra - 11 December 2019

Setelah sebelumnya hadir di Hong Kong, Malaysia, dan Thailand, platform “kosmetik gigi” Zenyum yang berbasis di Singapura, berencana untuk melakukan ekspansi ke Indonesia, Taiwan, dan Vietnam.

Startup ini merupakan bagian dari program Surge yang diluncurkan oleh Sequoia Capital India. Didirikan pada tahun 2018, secara khusus menyasar negara di Asia dengan menghadirkan kosmetik gigi berupa behel dengan harga terjangkau.

Kepada DailySocial CEO Zenyum Julian Artope mengungkapkan, setelah melakukan riset pasar secara menyeluruh, ia bersama rekannya Frederik Krass yang menjabat sebagai COO memutuskan untuk melancarkan Zenyum menyasar kalangan milenial.

“Saya selalu memiliki kedekatan secara khusus dengan layanan kesehatan dan dan mengakui banyak manfaat yang bisa diterima oleh sektor tersebut dengan teknologi. Setelah belajar di Singapura pada tahun 2016, saya melihat potensi besar yang dimiliki kawasan ini dengan menumbuhkan bisnis, dan kesenjangan di Asia terutama industri kosmetik gigi, saya terinspirasi untuk memulai bisnis.”

Selain untuk membeli produk, aplikasi Zenyum juga didesain untuk menghubungkan dokter, pakar, dan pelanggan agar dapat saling berkomunikasi mengenai perkembangan giginya. Dengan demikian pelanggan tidak perlu melakukan konsultasi ke klinik setiap bulannya.

Pengguna dapat melakukan pemeriksaan melalui situs saat mulai menggunakan layanan, kemudian dokter gigi dari Zenyum akan menentukan jenis perawatan yang sesuai. Calon pelanggan akan direkomendasikan berkunjung ke salah satu dari ratusan klinik mitra untuk dilakukan pemindaian intraoral oleh dokter setempat dan dibuatkan behel gigi transparan yang disesuaikan dengan kondisi mereka.

“Komitmen kami terhadap model kemitraan yang kuat adalah kunci bagi Zenyum untuk memastikan perawatan yang berkualitas tinggi, terutama untuk industri di mana keahlian dan nasihat profesional sangat berharga,” kata Julien.

Pendanaan seri A

Setelah mendapatkan dana segar senilai US$13,6 juta dari RTP Global, Sequoia India, TNB Aura, SEEDS Capital, dan beberapa investor lainnya; Zenyum memiliki beberapa rencana yang akan dilancarkan dalam waktu dekat. Di antaranya melakukan ekspansi pasar dan menambah produk-produk baru yang selaras dengan turunan sebelumnya seperti pemutihan gigi dan masih banyak lagi. Perusahaan juga berencana untuk menambah kategori baru yaitu kosmetik.

Saat ini Zenyum telah memiliki sekitar 100 anggota tim di seluruh kawasan. Perusahaan juga mengklaim telah mengalami pertumbuhan penghasilan yang mencapai 20–30% setiap bulannya.

“Untuk tahun 2020, kami berharap dapat membangun kesuksesan yang telah kami raih tahun ini untuk menjadikan Zenyum sebagai salah satu merek konsumen paling dicintai di kawasan ini dalam kategori Smile Cosmetics kami, dan membuat Asia tersenyum,” kata Julien.

Platform yang menawarkan layanan serupa asal Indonesia adalah Rata. Startup binaan Alpha JWC Ventures tersebut mengklaim sebagai teknologi clear aligner pertama yang hadir di Indonesia menggunakan teknologi terkini dengan harga yang terjangkau.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter