Sektor transportasi dan makanan terbukti bukan satu-satunya lahan “basah” yang bisa digarap oleh para startup lokal Indonesia. Sektor jasa pun tak kalah menyilaukan untuk kemudian dipoles dalam rupa layanan on demand.

Nyatanya kini bermunculan startup-startup asal Indonesia yang melibatkan diri dalam persaingan bisnis jasa dengan pilihannya masing-masing. Ada yang berkecimpung di jasa pembersihan, ada yang berupa marketplace, dan ada yang merangkul semua jenis jasa dan lain-lain. Nah, di pertemuan ini redaksi akan hadirkan kumpulan startup marketplace penyedia jasa on demand yang bisa jadi solusi cepat di waktu yang tepat untuk berbagai permasalahan Anda.

Seekmi

Seekmi siap menjadi pemain utama marketplace jasa / Dailysocial

Seekmi menjadi salah satu startup lokal Indonesia yang meramaikan pentas marketplace jasa, di mana ia mempertemukan antara penyedia jasa dan pencari jasa dalam sebuah platform yang canggih dan mudah.

Cakupan jasa yang disuguhkan meliputi, arsitek, jasa pindahan, desain grafis, pelatih pribadi, fotografer, pelatih musik, guru yoga hingga yang berkaitan dengan hama. Untuk memudahkan pengguna, Seekmi membenamkan teknologi matchmaking engine guna memberikan rekomendasi kebutuhan jasa kepada pelanggan tanpa harus mencari satu per satu.

Application Information Will Show Up Here

 

AhliJasa

Perolehan pendanaan Ahlijasa akan mendorong booming service marketplace di Indonesia? / DailySocial

Selain menawarkan layanan on demand di sektor laundry, Ahlijasa juga mempunyai mitra yang menerima pesanan jasa pembersih AC dan rumah. Ratusan mitra Ahlijasa telah tersebar ke berbagai kota, meliputi Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Harga yang dipatok pun terbilang terjangkau dan beragam. Untuk Laundry berkisar dari Rp30.000, Servis AC dari Rp70.000, dan Home Cleaning Rp60.000.

Application Information Will Show Up Here

 

Tulungin

tulungin

Jangan perdebatkan namanya, yang terpenting Tulungin bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan Anda. Tulungin adalah sebuah startup on demand yang berfokus pada marketplace jasa, di mana ia menawarkan berbagai pilihan penyedia jasa seperti servis dan cuci AC, Kulkas, Televisi, Mesin Cuci, hingga perbaikan kecil atau besar pada rumah seperti atap atau pipa yang bocor.

Application Information Will Show Up Here

 

Tolongin

Tolongin

Kendati bermakna sama, Tolongin versus tulungin. Kedua startup sejatinya adalah dua intitusi yang berbeda, tapi keduanya memang bergerak di bidang yang sama, yaitu bidang marketplace jasa. Seperti Tulingin, Tolongin menawarkan pasar yang berisikan aneka jasa di mana pelanggan dapat mencari dan menemukan penyedia jasa terdekat dengan lokasi mereka. Cakupan jasanya meliputi jasa pencucian, tambal ban, pesan antar makanan, dan akan terus bertambah.

Tolongin berencana mempersiapkan dua aplikasi mobile, iOS dan Android yang dalam waktu dekat akan segera diluncurkan.

Monolia

Monolia

Di Monolia, konsumen dapat menjumpai berbagai jasa yang ditawarkan oleh vendor yang diklasifikasikan dalam 50 kategori berbeda. Mencakup jasa perbaikan rumah, tukang, pengisi acara, pembersih rumah, cucian, fotografer hingga jasa pelatihan pribadi. Untuk mempermudah layanan, Monolia menyediakan aplikasi mobile untuk Android dan juga iOS.

Application Information Will Show Up Here

 

Tukang

Tukang

Diawali dari rasa frustasi karena sulitnya mencari tukang, Danile Rannu kemudian bertekad memulai proyek startup ini dengan harapan menjadi alat bantu bagi pemilik rumah untuk menemukan jasa tukang sesuai kebutuhan. Ada empat kategori jasa yang menjadi keahlian Tukang, yaitu jasa air mineral dan gas LPG, servis AC, tukang bersih-bersih dan tukang bangunan.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.