Categories

Berita

StartupPedia Sajikan Panduan Menjaga Keberlangsungan Startup

Berisikan informasi dan pengalaman Anis Uzzaman tentang seluk beluk pengembangan startup

Prayogo Ryza - 12 May 2015

Melihat potensi startup yang menjanjikan  di Indonesia, meski banyak pula yang gagal di tengah jalan, General Partner dan CEO Fenox VC Anis Uzzaman mencoba memberikan panduan bagi para penggiat startup melalui buku StartupPedia. Buku ini diharapkan menjadi pedoman bagi para penggiat startup untuk menjaga kestabilan dan keberlanjutan startup.

Bagi sebagian orang, memulai bisnis erat kaitannya dengan modal atau biaya. Mereka selalu beranggapan bahwa modal yang minim merupakan hambatan terbesar dalam mendirikan dan menyukseskan suatu usaha. Namun menurut Anis, permasalahan besar startup bukan terletak pada minimnya modal. Permasalahan terbesar startup ada pada pengelolaan atau eksekusi yang kurang tepat.

Di Indonesia sendiri potensi pengembangan e-commerce sangat menjanjikan. Menurut Anis sekarang banyak lulusan universitas memilih untuk merintis perusahaan baru ketimbang jadi pekerja di perusahaan. Anis melalui bukunya ini mencoba memberikan pedoman bagi mereka yang sedang berusaha masuk dan mengembangkan bisnis startup supaya tak tumbang di tengah jalan.

"Saya tidak pernah melihat semangat dan energi yang lebih besar dari pengusaha-pengusaha di Indonesia. Saya yakin Indonesia bisa menjadi lebih besar dari Silicon Valley," ungkap Anis di sela-sela acara peluncuran buku StartupPedia beberapa waktu lalu.

Cara Anis menjaga potensi menjanjikan bisnis startup di Indonesia adalah dengan membagi pengalaman dan informasi melalui bukunya. Di buku berjudul StartupPedia - Panduan Membangun Startup ala Silicon Valley yang diterbitkan Bentang Pustaka tersebut, Anis mencoba memberikan informasi, pengalaman, dan membagi kiat-kiat untuk menjaga kestabilan dan kesehatan dalam perkembangan bisnis startup.

Anis menilai mendirikan dan mengembangkan startup bukan hanya terkait dengan semangat, ide layanan, modal. Ia menekankan bahwa yang terpenting dalam bisnis startup adalah model bisnis, strategi pengembangan, dan manajemen perusahaan. Beberapa hal tersebut merupakan hal yang sering kali luput dari perhatian para pendiri startup.

Di dalam buku setebal 200 halaman tersebut Anis mencoba untuk membagikan elemen-elemen dasar yang wajib diperhatikan dalam pengembangan startup. Elemen-elemen tersebut adalah membangun tim, menciptakan produk, melindunginya dengan paten, memasarkan produk, memikirkan strategi pembiayaan, dan menetapkan exit strategy.

Meskipun masih banyak elemen-elemen lain yang mendukung keberhasilan dan kestabilan startup, menurut Anis, enam elemen tersebut adalah dasar atau pondasi untuk mewujudkan startup yang sehat dan berkelanjutan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter