6 February 2013

by Iqbal Farabi

StatCounter: Apple dan Samsung Ungguli Nokia dalam Penggunaan Mobile Internet

Baru-baru ini, perusahaan analisis StatCounter merilis sebuah laporan mengenai produsen perangkat mobile yang paling populer dalam hal penggunaan internet. Dalam penelitian yang dilakukan oleh divisi penelitiannya yang bernama StatCounter Global Stats, didapati bahwa untuk pertama kalinya Nokia tidak menjadi produsen perangkat mobile nomor satu dalam penggunaan internet.

Pada bulan Januari 2013 lalu, Apple dan Samsung akhirnya berhasil mengungguli Nokia. Menurut data StatCounter, Apple berada di peringkat pertama dengan kontribusi sebesar 25,86% terhadap penggunaan internet melalui perangkat mobile di seluruh dunia. Samsung yang berada di peringkat kedua memiliki kontribusi sebesar 22,69%. Nokia yang jatuh ke peringkat ketiga digunakan oleh 22,15% pengguna yang mengkases internet melalui perangkat mobile. Data selengkapnya mengenai ketiga produsen perangkat mobile ini dapat dilihat pada tabel berikut.

Dalam melakukan riset ini, StatCounter mengklaim telah melakukan penggalian data terhadap lebih dari 3 juta situs di seluruh dunia dengan total page view sebanyak 15 miliar per bulan. Grafik berikut menggambarkan dengan lebih lengkap statistik penggunaan internet melalui perangkat mobile sejak Januari 2012 hingga Januari 2013 menurut data StatCounter.

Bagaimana dengan statistik penggunaan internet dari perangkat mobile di Indonesia? Melalui layanan analisis web yang disediakan secara gratis oleh StatCounter Global Stats, kita bisa mendapatkan data yang lebih mendetil hingga ke level tiap-tiap negara. Dari situs tersebut dapat ditemukan bahwa ternyata Nokia masih menjadi perangkat yang dominan digunakan di Indonesia. Tempat kedua diisi oleh perangkat-perangkat yang dikategorikan sebagai "tidak diketahui", peringkat ketiga dihuni oleh Samsung, sementara peringkat keempat dan kelima diisi oleh Sony dan RIM (yang kini sudah berganti nama menjadi BlackBerry) dengan angka yang hampir sama. Berikut adalah statistik lengkapnya.

Jika Anda tertarik melihat laporan yang lebih detil lagi, Anda bisa mengunjungi halaman resmi StatCounter pada tautan ini serta halaman resmi layanan analisis web StatCounter Global Stas pada tautan ini.

 

Sumber gambar sampul: Cnet.