23 September 2014

by Yoga Wisesa

Steam Mendapatkan Perombakan Besar-Besaran Dalam Discovery Update

Layanan distribusi digital favorit jutaan orang di Bumi tampaknya akan menjadi semakin digemari. Menyusul dukungan Steam terhadap mata uang Rupiah, di awal minggu ini Valve melakukan perombakan besar-besaran dalam Steam baik dari segi estetika hingga sistem pencarian, semua ditujukan untuk memudahkan penggunanya.

Pembaruan tersebut mereka usung dengan nama Steam Discovery Update. Ia merupakan salah satu update terbesar yang pernah diaplikasikan dalam Steam, mengenalkan fungsi dan fitur baru, didesain demi mengoptimalisasi pengalaman berbelanja via Steam bersamaan dengan meningkat pesatnya jumlah judul-judul game di sana.

Perubahan yang paling terlihat adalah pada tampilan Home-nya. Kini warna biru mendominasi background. Di sebelah kiri, Anda bisa langsung mengakses genregame favorit. Berdasarkan permainan-permainan milik Anda, Steam mampu merekomendasikan judul apa lagi yang cocok Anda mainkan.

 

Info menarik: Sebentar Lagi, Anda Bisa Berbelanja di Steam Menggunakan Mata Uang Rupiah

 

Kini ketika berbelanja, Anda bisa mengkustomisasi dan memfilter produk-produk yang sudah dibeli atau tidak Anda sukai: judul baru, game laris, produk-produk Early Access, pre-purchase, khusus software non-game, DLC hingga permainan-permainan rekomendasi.

Pelengkap besar lain dalam Discovery Update adalah fitur Steam Curator. Seperti tugas mereka di galeri seni, perpustakaan dan museum, kurator Steam ialah individu atau organisasi bereputasi yang memiliki opini-opini tentang game dan menuangkannya secara profesional. Steam kini mendedikasikan sebuah page khusus untuk mereka. Mungkin nama-nama Steam Curator tidak asing lagi di telinga: TotalBiscuit, PC Gamer, Jim Sterling, Kotaku, hingga Devolver Digital dan NeoGAF.

Mem-follow Steam Curator memudahkan kita mempelajari game-game baru. Produk pilihan mereka akan muncul di laman home dan juga activity feed komunitas Anda. Di sana, kita bisa melontarkan komentar dan me-rating rekomendasinya. Fitur ini juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan reputasi dan menjadi ahli di salah satu (atau beberapa) jenis genre.

 

Info menarik: Dengan WB Play, Warner Bros. Coba Ciptakan Platfrom Distribusi Digital a la Steam & Origin?

 

Lalu terdapat pula fitur Discovery Queue, sebagai cara mudah menjelajahi permainan-permainan populer terbaru yang belum sempat Anda cek. Dengannya, kita dapat mem-browsing permainan rekomendasi, mengikuti perkembangannya atau menambahkan permainan di Wishlist dan membelinya. Silakan pilih 'not interested' dan ia tidak akan muncul lagi di hadapan Anda. Discovery Queue di-refresh setiap hari secara otomatis berdasarkan momentum pembelian.

Satu masalah terbesar dari Steam adalah jumlah game yang sangat banyak. Melalui penyajian standar, Valve kewalahan memilah-milih antara judul berkualitas dan game-game jelek. Perubahan ini ialah solusi terbaiknya: Valve tak menghabiskan terlalu banyak tenaga dalam mensortir permainan, dan konsumen bisa menyimak judul-judul apa saja yang sedang populer.

Selain Discovery Update, Valve mengumumkan kini ada lebih dari 100 juta akun Steam aktif; dan hanya dalam sembilan bulan, Steam memiliki 1.300 judul game baru - dengan begitu tersedia 3.700 lebih software hiburan di Steam.

Anda dapat menyimak informasi update lebih lengkap di websiteSteam.

Via Polygon. Sumber: Press Release Valve.